Articles

  •  

    In this discussion he insisted that the government make its best effort to speed up the recognition of indigenous forests. "Now social forests which are still in process amount to 590.000 hectares. I have already instructed the ministries to act swiftly in distributing the land. I know that this is right of the indigenous peoples. If we give the rights to the indigenous peoples, I'm sure that the forests will be better kept and more green. I saw this myself in the field," says the President.

     

     

    Read ›
  • Peluncuruan buku “Why Forest? Why Now? The Science, Economics, and Politics of Tropical Frorests and Climate Change” karya Frances Seymour dan Jonas Busch (peneliti di Center for Global Development) digelar Selasa (21/3) di Jakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Hutan Internasional.

    Read ›
  • Seri mitologi terbaru dari Rick Riordan kali ini mengangkat Nordik, legenda orang-orang Skandinavia.

    Menceritakan Magnus Chase (sepupu Annabeth Chase) yang terjebak dalam konflik antar dewa-dewi

    Nordik. Magnus yang seorang gelandangan di kota Boston ditakdirkan akan mati pada hari ulang

    tahunnya yang ke-16. Ternyata kematian Magnus ini bukan akhir dari segalanya, tetapi justru awal dari

    petualangannya mengarungi Sembilan Dunia yang terpaut pada Yggdrasil demi menyongsong Ragnarok.

    Seperti dalam 3 serial novel mitologi sebelumnya (Yunani, Romawi, Mesir), Riordan menggunakan tema

    besar yang sama yaitu Hari Kiamat, sehingga berdampak pada alur cerita dengan tenggat waktu yang

    sangat sempit (rata-rata 1 minggu untuk satu buku).

    Read ›
  • ... the only party that shows a solid prospect is the PDIP. Not my  favorite party, but it seems to have a large following. Part of the reason may be that people are stimulated by the idea that the PADIP might nominate a certain Mr Jokowi for President, who is the only candidate sho could excite emotional support, thus making it possible to win without too much money.  The other candidates have a surplus of money, but Jokowi can win just by popularity.

    Read ›
  • Surabaya, 19 Maret 2014 - Wawancara Wimar Witoelar di Radio Suara Surabaya bertemakan pilih caleg dan capres pro lingkungan untuk menghindari bencana pemanasan global

    Read ›
  • Landscapes Portal, a map website with enormous promise.­­ Soft-launched in January 2014, the Landscapes Portal allows anyone, anywhere, to share, search, visualize and download spatial data from landscapes around the world. By gathering data from users worldwide (crowdsourcing), the portal is expected to improve the availability of location-specific data on natural resources and related phenomena, at better resolution (detail) than previously accessible.

    Read ›
  • Selama ini penegakan hukum terhadap perusak-perusak hutan di Indonesia masih lemah. Berbagai lembaga, seperti organisasi peneliti dan advokat hak asasi manusia internasional yang berbasis di New York Human Rights Watch (HRW), organisasi anti korupsi Indonesian Corrupton Watch (ICW), dan lembaga resmi negara dalam pemberantasan korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencapai kesimpulan yang senada dalam kajian-kajian mereka, yaitu masih lemahnya penegakan hukum sektor kehutanan di Indonesia.

    Read ›
  • Join this intimate talkshow with two renowned Indonesian writers who will discuss their latest work.

    Wimar Witoelar - Sweet Nothings and Fira Basuki - Heal Yeah! ++

    Read ›
  • “Kerusakan hutan dan lingkungan di Indonesia, sebagian besar dipengaruhi tidak hanya karena faktor alam, tapi juga karena kebijakan politik yang tidak pro lingkungan,” jelas Wimar di Surabaya.

    Read ›
  • Upaya melindungi hutan dan hak masyarakat adat bukan tidak dilakukan, namun selama 1 dekade atau sepuluh tahun terkahir upaya itu belum membuahkan hasil, selain tetap adanya ancaman dan tekanan terhadap masyarakat hutan adat. Seharusnya tanah atau hutan adat masyarakat merupakan sumber kehidupan, mata pencaharian dan identitas masyarakat adat itu sendiri.

    Read ›
  • Menurut Wimar, pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan arah negara selama lima tahun mendatang melalui hak suara yang dimilikinya.  Pada Pemilu Legislatif dan Presiden nanti, masyarakat harus memilih calon presiden (Capres) dan calon legislatif (Caleg) berdasarkan isu strategis, bukan lagi pada sosok atau figur sang calon.

    Read ›
  • Kerusakan lingkungan saat ini, bukan hanya persoalan teknis. Namun, juga kesalahan dalam pengambilan kebijakan politik. Sebab, katanya, banyak keputusan politik diambil tidak memperhatikan aspek lingkungan.

    Read ›
  • Hasil kajian WALHI bersama WALHI Institute telah mengadakan kajian studi Indeks Kualitas Caleg DPR RI 2014-2019 terhadap lebih dari 6.000 orang calon anggota legislatif sejak Desember 2013 hingga Februari 2014 menunjukkan caleg-caleg yang dapat memenuhi aspek-aspek integritas, komitmen, kepemimpinan dan kompetensi berjumlah di bawah 7%. 

    Read ›
  • isteri kasus Century hingga saat ini kebenarannya belum terungkap. Siapa yang harus bertanggungjawab dan siapa yang memang ‘bersih’ dalam kasus Century masih menjadi rahasia. Hingga akhirnya pria yang bekerja sebagai Wartawan Investigasi Tempo, Metta Dharmasaputra tertarik mengenai kasus Century dan mulai mengungkap kasus ini melalui caranya sendiri yaitu dengan melahirkan Kata Data. Kata Data adalah gabungan dari kerja jurnalistik dan analisis. Keduanya dipadukan dan menghasilkan fakta akurat karena dibantu dengan data – data yang memang didapatkan dari sumber terpercaya.

    Read ›
  • Petenis muda nasional Haekal Ramadhan, yang masih duduk di bangku SMP menyempatkan diri untuk membagikan pengalamannya pada Wimar Show. Haekal yang baru berusia 14 tahun telah mencetak prestasi sebagai pemain tenis nasional. Prestasinya patut dipertimbangkan karena Haekal pernah mengikuti ajang kompetisi tenis Internasional.

    Read ›
  • Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) periode 2008 hingga 2013 Mahfud MD menjadi tamu spesial Wimar Show kali ini. Sekarang ini Mahfud MD memang tengah disorot oleh banyak media karena Mahfud mendapatkan banyak suara dari publik untuk menduduki kursi RI 1 atau RI 2 pada pemilu 2014 yang diusung dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

    Read ›
  • Isu lingkungan memang layak menjadi perhatian masyarakat. Sebagai Negara yang kaya akan hasil alam, Indonesia menjadi sasaran bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya terutama dikawasan hutan. Akibatnya pembukaan dan pengrusakan kawasan hutan terus terjadi.

    Read ›
  • Grace Natalie dengan segala prestasi dan kesibukannya, menyempatkan waktunya untuk berbincang dengan Wimar Witoelar yang merupakan host dari Wimar Show, untuk membagikan pengalaman berharganya saat menjadi seorang reporter dan seorang yang berkecimpung dilembaga survey.

    Read ›
  • Urusan televisi bukan sekedar urusan bisnis semata, melainkan lebih kepada faktor yang membentuk karakter masyarakat dan karakter bangsa. Pria yang pernah menjadi wartawan untuk majalah Forum Keadilan memaparkan bahwa sekarang ini dunia pers perkembangan jumlahnya semakin pesat, maka tayangannya pun menjadi bias. Perusahaan penyiaran yang banyak dimiliki oleh para politisi atau calon politisi menjadi sangat distorsi pemberitaannya karena hanya tayangan yang menguntungkan pemiliknya saja yang diperbolehkan untuk ditayangkan.

    Read ›
  • Menurut Azyumardi saat ini civil society melakukan disengagement dari politik karena politik di Indonesia masih diwarnai dengan tindakan tanpa etika, money politics dan lain sebagainya. “Sebaiknya civil society memang harus menjadi kekuatan moral”. Contoh yang sekarang ini marak terjadi di atmosfir politik Indonesia yaitu makin banyak gerakan Anti Korupsi yang datang dari masyarakat menengah. Azyumardi berpendapat bahwa seorang yang memiliki intelek yang tinggi harus mampu memberikan suaranya untuk kejahatan – kejahatan politik di Indonesia supaya tidak berlangsung terus menerus dan dapat merugikan rakyat.

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›