Articles

  • Bandung pada 71 tahun yang lalu yaitu tepatnya 23 Maret 1946, terjadi peristiwa heroik bersejarah di sana yang hingga kini dikenal dengan Bandung Lautan Api. Para warga berkorban membakar rumah-rumah mereka agar kota mereka tidak ditempati para pasukan kolonial.

    Kini setelah lama kita merdeka dan melewati berbagai rezim zaman telah berubah. Namun semangat kebangsaan menjaga keragaman tetap terlihat pada 17 Agustus 2017 tahun ini pada acara Deklarasi Relawan Kebangsaan Satu Indonesia yang digagas Satu Indonesia di Hotel Hemangini. Hadir sebagai pembicara di acara tersebut pendiri 

    Read ›
  • Tak hanya Indonesia, pada 9 Agustus tahun ini masyarakat dunia kembali merayakan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS), the International Day of the World's Indigenous Peoples, yang dideklarasikan pengesahannya oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Resolusi 49/214, tanggal 23 Desember 1994. HIMAS tahun ini memiliki nilai yang lebih lagi karena merupakan Peringatan Satu Dekade (10 tahun) Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat

    Read ›
  • Senin siang, 7 Agustus 2017. Arief A. Soedjono, inisiator perkumpulan relawan kebangsaan yang bernama Satu Indonesia, dengan semangat menceritakan perkumpulan yang digagasnya di Studio Yayasan Perspektif Baru. Tidak tampak kelelahan yang lazimnya muncul pada orang yang baru saja melakukan perjalanan dari Bandung ke Jakarta yang dengan ditambah dengan waktu macet yang tidak biasa hingga membutuhkan 7 jam perjalanan

    Read ›
  • Tanah Sunda wibawa

    Gemah Ripah tur endah

    Nu ngumbara suka betah

    Urang Sunda sawawa

    Sing toweksa perceka

    Nyangga darma anu nyata

    Lirik pada bait pertama lagu “Tanah Sunda” yang diciptakan oleh Mang Koko tersebut mengambarkan suasana tanah Sunda yang bersahabat untuk semua orang, terutama bagi para pelancong yang singgah. Tanahnya Gemah Ripah (subur dan makmur) serta karakteristik penduduknya yang tinggal berkelompok dalam satu kawasan tertentu dan memegang teguh Darma (tugas) yang nyata. Tugas disini artinya adalah menjaga tanah leluhur serta warisan budaya mereka.

    Read ›
  • Dwi kewarganegaraan (DK) akhir-akhir ini menjadi topik hangat di Tanah Air. Seiring dengan derasnya arus globalisiasi, pasar bebas, serta migrasi internasional, baik-buruk serta tepat-tidaknya memberlakukan DK adalah suatu wacana yang harus dikaji oleh (hampir) semua negara. Tak terkecuali Indonesia. 

    Read ›
  • “Senang sekali bertemu anda on this very spicy day,” sapa WImar dari kamar tidurnya ke para pendengar setia Weker Wimar pada Selasa, 2 Agustus 2016. Tema Weker Wimar pagi itu adalah rempah-rempah (spices). Kenapa rempah-rempah? Menurut Wimar, rempahlah yang membuat Indonesia pada masa lalu masuk dalam peta dunia.


    Indonesia dulu dikenal sebagai spice islands. Wimar mengingat masa kecilnya ketika bersekolah di Eropa ia pernah ditanya dari mana asalnya. Lalu ketika menjawab ia dari Indonesia, orang yang bertanya menanggapi, “Oh, the spice islands!”

     

     

    Read ›
  • TEMPO.COJakarta - Indonesia akan berupaya menjadi pioner untuk gerakan global mengatasi dan adaptasi perubahan iklim. Untuk itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya berkomitmen untuk menyerahkan Intended Nationally Determined Contributions (INDC) Indonesia ke Sekretariat United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada September 2015 mendatang.

    Siti Nurbaya mengatakan Indonesia bisa menyiapkan INDC dengan baik. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, disebutkan bahwa target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada 2019 sebesar 29%, disertai peningkatan ketahanan iklim di daerah.

    "Dua hal ini yang menjadi dasar dalam pembuatan INDC. Saya berharap draft awal INDC bisa selesai pada 25 Agustus," katanya lewat keterangan resmi, Jumat, 14 Agustus 2015.

    Read ›
  • Indonesia menyiapkan Intended Nationally Determined Contributions (INDC) yang akan berkontribusi penting untuk mengurangi dan mitigasi perubahan iklim 

    Jakarta, 13 Agustus 2015 – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berkomitmen untuk menyerahkan INDC Indonesia ke Sekretariat United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada pekan kedua September 2015. Indonesia akan berupaya menjadi pioner untuk gerakan global mengatasi dan adaptasi perubahan iklim.

    Kementerian LHK bersama perwakilan beberapa kementerian kembali mengadakan diskusi publik untuk membahas Intended Nationally Determined Contributions (INDC) yaitu kontribusi yang diniatkan Indonesia dan ditetapkan secara nasional.

    Diskusi publik tersebut diselenggarakan di KLHK pada Rabu, 12 Agustus 2015. Hadir dalam diskusi tersebut adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Ketua Dewan Pengarah Pengendalian Perubahan Iklim Sarwono Kusumaatmadja, Utusan Khusus Presiden untuk Perubahan Iklim Rachmat Witoelar, Duta Besar Norwegia 

    Read ›
  • Kebakaran hutan dan kekeringan terjadi kembali sejak pemerintah memberikan izin konsesi kepada perusahaan atau pengusaha untuk mengelola tanaman sagu. Dan kesalahan terbesar yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola tanaman sagu ialah merubah tanah gambut menjadi kanal. Hal itu kemudian menjadi penyebab utama dari berkurangnya jumlah air di tanah gambut sehingga rentan terhadap kebakaran.

    Read ›
  • Pasangan Jokowi-JK dinilai sebagai pasangan yang mengusung program-program yang membela hak-hak masyarakat adat. Jokowi-JK berjanji untuk membentuk komisi independen dan permanen untuk menjalankan keputusan MK 35.

    Read ›
  • Jokowi berceritera: "17 Agustusan kemarin, maunya lomba krupuk.  Tapi tidak diizinkan security. Mau panjat pinang, takut ngga bisa.  Jadinya ikut main karung. Lompat-lompat hampir jatuh, akhirnya kalah. Dari 10 peserta, saya nomor 10. Tapi nggak apa2, masyarakat gembira, saya gembira. Tidak perlu protes Panitia.”

    Read ›
  • Dampak dari El Nino yang mulai terjadi sejak Januari lalu mengakibatkan naiknya suhu rata-rata di Sumsel. Akibatnya terjadi pergeseran waktu panen tanaman pangan.

    Read ›
  • The great thing about these elections is also what’s great about Indonesia. We have a democracy. People can have different opinions and sit nicely side by side. I hope we will still be friends after the elections.

    Read ›
  • He should place unmost importance on retaining the level of confidence that he has displayed throughout the elections but in a different form. He will not get the support he got from the citizen constituency. He will need party support without compromising. So it's a tall order, his biggest challenge probably.

    Read ›
  • Masyarakat adat berkepentingan memetakan wilayahnya setelah diakui bahwa hutan adat bukanlah bagian dari hutan negara.

    Read ›
  •  

    Tsunami Aceh telah membuat Antoni kehilangan 20 saudara termasuk ibunda tercinta, Tianur. "Biasanya ketika saya pulang, ibu yang akan menyambut. Tapi sekarang, saya harus kuat. Melihat pembangunan paska tsunami yang pesat, masyarakat Aceh yang kembali kuat, saya harus seperti itu," ujarnya.
     

     

     

    Read ›
  • Perjalanan yang ditempuh adalah 200km/hari, kejuaraan ini diadakan selama 10 hari jadi total keseluruhan perjalanan yang telah ditempuh Shanti adalah 2000km. Suatu saat mobil yang digunakan rusak karena terjatuh di jalan berpasir yang ternyata didalam pasir tersebut terdapat jurang sedalam 40km, “hal ini terjadi di luar kendali, tapi syukurlah hal itu tidak membuat kedua peserta mengalami hal-hal yang buruk karena mobil hanya meluncur sampai ke bawah tidak terbalik atau menabrak”

    Read ›
  • Ben Perkasa Drajat adalah Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri. Menurutnya, konsep diplomasi masih mengenai hubungan satu negara dengan negara lain, namun dewasa ini terdapat beberapa perubahan dalam konsep diplomasi, Jika dahulu kegiatan diplomasi tidak terlalu berdasarkan tuntutan waktu, namun saat ini perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat dan kebutuhan penyebaran informasi yang juga cepat menuntut seorang diplomat harus cepat dalam merespon dan mengelola informasi yang ada

    Read ›
  • Sudah lama orang merasakan bahwa InterMatrix Communications bukanlah perusahaan biasa. Walaupun kecil, dengan orang semuanya berjumlah dibawah 25, tapi daftar nasabahnya mengagumkan. Tapi kalau mau dikatakan perusahaan besar juga tidak betul. Semuanya tidak jelas kecuali satu, yaitu bahwa IMX merupakan gudang pengalaman. Baru-baru ini rekan kita Maro Alnesputra keluar dari IMX untuk memulai karir di lembaga internasional dengan gaji beberapa kali kelipatan gaji IMX. Sedihkan pimpinan IMX? Tidak, malah saling menyalami. Congratulations! Kita menghasilkan satu lagi alumnus sukses.

    Read ›
  • Buku kisah cinta Fira dan Hafez didedikasikan kepada Hafez dan juga untuk beberapa orang yang berharga baginya. Melalui buku ini, Fira Basuki ingin mencoba mewujudkan salah satu mimpi Hafez semasa hidupnya untuk menjadi terkenal sebagai sosok dibalik layar. “Hafez 11 tahun lebih muda. Banyak impian yang belum tercapai. Di sisa hidup saya, saya ingin mewujudkan mimpi Hafez, salah satunya membuat film. Hafez pernah berkeinginan menjadi terkenal tetapi bukan dia yang terkenal,” jelasnya.

     

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›