Articles

Steve Jobs raja imajinasi

Perspektif Online
11 October 2011

oleh Wimar Witoelar

 

 

Maria Popova penulis asal Bulgaria yang mengumpulkan tulisan berjenis   ‘miscellaneous interestingness’  mengingat masa kecilnya di Bulgaria ketika isolasi mereka membuat hidup sengsara. Buah-buahan tropis hanya masuk sekitar Natal, dan Maria ingat orang antri sampai melingkar beberapa blok kota  untuk menerima jatah satu pisang dan dua jeruk. Seumur hidupnya ia baru mengalami dua kali ada antrian semacam itu, justru di Amerika Serikat . Satu kali waktu iPhone keluar perdana, dan satu kali lagi menyambut iPad. Yang antri bukan hanya penggemar teknologi tapi orang biasa.

 

Iklan klasik Apple di masa awal menggambarkan orang yang berontak dari massa penurut dan melemparkan palu pembebasan pada layar komputer yang dikuasai merk besar komputer nomor satu saat itu. Karena itu Maria Popova menulis bahwa Steve Jobs bukan hanya membuka mata dunia pada Teknologi (Apple Computer), Design (computer graphics)  dan Hiburan (Pixar) Dikatakan, Steve Jobs bukan hanya mengubah paradigma teknologi, design dan entertainment tapi yang lebih penting lagi, dia  mengubah ekspektasi orang mengenai teknologi, science dan entertainment. Sekarang orang merasa tidak ada batas dalam menerjemahkan kreativitas menjadi barang sehari-hari.

 

Pengamatan Maria Popova lahir karena dia datang dari masyarakat langka dimana ekspektasi belum disadari sebagai penentu kemajuan masyarakat. Masyarakat minus melahirkan orang minder yang sudah kalah sebelum main. Ada yang pasang tweet di Twitter: ’Kenapa Bangsa Malaysia memandang rendah bangsa Indonesia ?’  Masak sih.... Malaysia tidak memandang rendah Bangsa Indonesia, justru yang memandang rendah Bangsa Indonesia itu adalah orang Indonesia sendiri  yang bodoh. Dan karena mereka menganggap Indonesia itu jelek, akan susah untuk jadi bagus. Tetapi jika orang punya harapan bahwa orang biasa sanggup mengubah Indonesia, maka kita bisa mengubah masyarakat dengan cepat. Kumpulkan saja orang yang jujur, tegas dan mampu dan berikan mereka suara.

 

Harapan adalah dasar kemajuan, bukan modal atau teknologi atau jaringan. Steve Jobs memberikan edukasi publik paling berarti. Dia sendiri mulai dengan modal lima ribu dollar menjadikan Apple menjadi perusahaan besar mencakup pasaran global. Andaikata nilai kapitalisasi Apple mewakili negara , maka Apple lebih besar dari Denmark, Hong Kong, Singapore, dan Israel.

 

Steve Jobs secara pribadi bukan orang yang mudah dijadikan teman. Dia sangat terfokus pada cita-cita dirinya/  Sering dianggap menyebalkan karena dinilai sombong. Dia memang cerdas seperti anak indigo yang sangat pintar dan  hidup di dunia sendiri. Steve tidak punya modal sampai harus menjual Volkswagen bus Combi sebagai barang bekas untuk membuat prototype Apple 2 di garasi kota kecil bernama Cupertino, California. Perjalanan hidupnya ajaib, tidak bisa ditiru oleh orang lain. Apple dikenal membuat hardware, tapi membuat Operating System yang melibas pasar, tapi terutama Apple adalah pelopor kreativitas

 

Orang berelomba-lomba ingin jadi orang pertama yang menggondol iPhone, iPad, Macbook, dan merasa alat itu sangat beda. Beda atau tidaknya itu subjektif. Orang yang memiliki IPhone merasa dirinya beda seakan-akan dia yang membuat Iphone, padahal dia hanya membelinya saja. Ketika orang sudah beli 4 juta unit, Apple keluar lagi dengan model baru. Ini yang menjadi mesin ekonomi. Energi mesin milyar dollar lahir dari bibit pikiran aneh satu orang. Steve adalah Raja Imajinasi.

Print article only

10 Comments:

  1. From @Dewinov on 12 October 2011 08:16:14 WIB
    Mau mulai berimajinasi wujudkan mimpi. Betul yang dilakukan Steve Jobs harus fokus dengan yang dilakukan agar hasilnya optimal. Rest in peace Mr. Jobs...
  2. From blog.mujab.net on 13 October 2011 22:27:50 WIB
    steve adalah sosok yg menginspirasi banyak orang termasuk saya. Rip jobs
  3. From Okky Fajar Trimryana on 15 October 2011 08:59:29 WIB
    Jobs yang fokus terhadap nilai kreativitas dan ketangguhan manajemen yang fenomenal. sangat patut di contoh

    www.ayoberbagiilmu.blogspot.com
  4. From http://tutorialwordpress.mujab.net on 18 October 2011 23:59:18 WIB
    saya juga kagum dengan sosok anda Double W
  5. From Molly on 19 October 2011 21:44:00 WIB
    God help me, I put aside a whole atfernoon to figure this out.
  6. From Irman on 22 October 2011 23:13:34 WIB
    satu lagi tokoh yang banyak memberi inspirasi, terutama untuk kaum muda.

    menarik sekali tulisannya Mr. WW
  7. From agen xamthone plus bandung on 25 October 2011 11:46:18 WIB
    steve sangat menginspirasi banyak orang untuk berbuat sesuatu yang terbaik dalam hidup ini
  8. From Agustinus Budiman on 26 October 2011 09:09:37 WIB
    Steve Jobs: A Good Capitalist.
  9. From fabian http://accumax.blogspot.com on 04 November 2011 15:56:56 WIB
    sebuah bukti seseorang yg memiliki great vision.dia memiliki visi dimana orang lain tidak melihatnya. Great Man
  10. From Menggapai Impian on 29 December 2011 00:05:24 WIB
    steve jobs adalah sosok org yg luarr biasa. memiliki visi yg tepat. great steve jobs

    http://collection27.blogspot.com/
    http://www.kedai-kartika.com

« Home