Articles

SMI Keadilan,Lahir untuk Memperjuangkan Politik Akal Sehat

Perspektif Online
19 February 2012

oleh: Didiet Budi Adiputro

pembawa acara pada Ulang Tahun 1 SMI-K

 

Seorang pembaharu boleh kalah dalam pertempuran, tapi kekalahan itu adalah stimulus untuk melangkah maju – Sri Mulyani

 

Ada sebuah pepatah mengatakan, sebetulnya yang membuat banyak orang jahat bisa berkuasa,itu  karena orang - orang baik selalu diam saja. Namun Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI Keadilan) selama setahun terakhir. berusaha menghimpun orang - orang baik untuk mulai bersuara, serta mengawal akal sehat dalam demokrasi.

Dalam suasana hari kasih sayang, pada 14 Februari 2012 SMI Keadilan merayakan usianya yang pertama. Meskipun baru seumur jagung, organisasi yang mayoritas anggotanya adalah orang biasa pendukung Sri Mulyani ini, sudah mempunyai perwakilan di 12 provinsi dengan ratusan anggotanya. Selain itu SMI Keadilan juga turut membidani lahirnya Partai Serikat Rakyat Independen, sebagai alat perjuangan ide yang diusung SMI Keadilan dalam politik formal. Partai SRI sudah punya perwakilan di 33 propinsi, 470 Kabupaten dan 3000 Kecamatan.

Hadir dalam perayaan ini anggota, simpatisan, para deklarator, dan banyak tokoh masyarakat. Bahkan beberapa pengurus partai politik yang bersimpati juga turut hadir mendukung promosi akal sehat yang diusung SMI Keadilan selama ini. Paling utama, hadirin adalah orang sejak lama memperjuangkan akal sehat seperti Rahman Tolleng, Wimar Witoelar, Christianto Wibisono,Bambang Harimurti , Fikri Jufri, Chatib Basri dan Rachland Nashidik pengurus DPP Partai Demokrat.

Dalam pidato mewakili Partai SRI, Rocky Gerung berpendapat bahwa tahun 2012 adalah tahun politik, dimana akan banyak bergentayangan para bandit politik yang punya candu akan kekuasaan, meskipun mereka sudah pernah berkuasa. Lalu ada juga pedendam politk, yaitu orang yang haus kekuasaan tapi tidak punya ide tentang bagaimana demokrasi yang benar dan sehat itu dilaksanakan.

Bagi Rocky,memperkuat SMIK dan juga Partai SRI adalah langkah awal agar para bandit politik itu tidak leluasa mengacak- ngacak demokrasi warisan reformasi ini. "Yang dilakukan Partai SRI adalah politik akal sehat yang dilakukan untuk mengakali politik akal akalan dari para sponsor politisi akal miring", ujar Rocky.

Pada kesempatan ini juga diluncurkan buku berjudul Sri Mulyani For President 2014 yang dinisiasi Warta Ekonomi dan SMI Keadilan. Buku ini sudah bisa diperoleh di toko buku Gramedia dan lainnya di seluruh Indonesia. Memang, pada akhirnya muara dari perjuangan teman- teman SMI Keadilan yang berawal dari komunitas Facebook, dan twitter ini adalah mengusung Sri Mulyani menjadi Presiden RI. Sri Mulyani adalah sosok yang paling pantas untuk membawa ide kejujuran, integritas, anti korupsi serta etika publik dalam politik.

Banjir simpati dari luar turut datang dalam acara ini. Salah satu testimoni disampaikan Rachland Nashidik. "Saya ingin menjadi bagian dari perjuangan teman-teman semua, agar Indonesia punya calon presiden yang lebih baik.. Ibu Sri Mulyani", tandas anggota DPP Partai Demokrat ini . Orang biasa  seperti Ibu Vince Suharti juga ikut mengungkapkan kekesalannya terhadap para politisi dan media yang kerap menjelek- jelekan Sri Mulyani secara tendensius. "Bambang Susatyo, Ahmad Yani, Misbakum, semuanya nggak sopan", ujar pengusaha perabotan yang ahli membuat sop buntut ini.

Seperti layaknya Indonesia, keragaman suara dan manusia yang ada di SMI Keadilan ternyata adalah kekuatan tersendiri yang membuat organisasi ini tetap bisa bertahan demi memperjuangkan nilai yang dipercai bersama, yakni kejujuran, integritas dan etika publik.

Print article only

6 Comments:

  1. From @Dewinov on 19 February 2012 20:09:22 WIB
    Salut dengan perjuangan SMI Keadilan yang lahir dari niat yang tulus orang-orang biasa yang ingin perubahan lebih baik. Kita sudah mendapatkan momentum yang kuat dalam menumbangkan kekuasaan diktator selama 32 tahun, saat reformasi 1998 kemarin.

    Sudah sepantasnya kita meneruskan perjuangan arti demokrasi yang sebenarnya tanpa dinodai oleh praktek-praktek para bandit politik di lembaga perwakilan yang seyogyanya mampu mewakili hari nurani para rakyatnya.

    Happy anniversary SMI-K, jayalah selalu dengan kejujuran, integritas dan etika publik dalam berpolitik.
  2. From M Pratono on 20 February 2012 10:40:37 WIB
    Betul sekali,sbg pensiunan yg sdh berumur hampir 62 th, saya memimpikan seorang putra/putri indonesia berintegritas,punya nawaitu utk membangun negeri tercinta yg adil makmur sejahtera,berani dan berkenan mencalonkan diri sbg capres 2014.Ibu SMI lah yg saya harapkan.Ayo mbak SMI maju terus,saya mendoakan ibu maju dan menang.Insya Allah,dg mengucap Bismillahirraokhmanirrohim BISA.
  3. From lintang on 21 February 2012 11:13:21 WIB
    Met Ultah Partai SRI, semoga partai ini benar2 mengusung dan memperjuangkan hak2 rakyat yg sudah terabaikan di tahun ini..
  4. From Toledo on 22 February 2012 01:03:36 WIB
    Setuju dengan cita2 SMI Keadilan.
    Dengan kendaraan politik apakah nantinya akan maju ?sedangkan Partai SRI telah ditolak ?
    Mohon di beri penjelasan agar kita para supporter tidak pesimis..
  5. From mulyana on 22 February 2012 05:52:40 WIB
    WARGA PATARUMAN BERHARAP BANTUAN

    saya adalah seorang sarjana pendidikan yang berdomisili di salah satu kampung yang mayoritas penduduknya adalah buruh tani dan sangat minim sarana ibadah
    alhamdulillah saat ini kami telah berhasil membangun sauatu asrama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, yaitu kegiatan belajar kepesantrenan. di samping itu kami pun menampung anak anak dari kalangan keluarga tidak mampu.

    ... namun tempat mandi anak anak sudah tidak layak pakai, karena saat ini yang kami bisa bangun adalah kamar mandi dari bambu, yang di bawahnya langsung air kolam, kami khawatir sewaktu waktu bisa roboh.

    kami berharap para pembaca yang di beri kelebihan harta oleh allah dapat menyalurkan dana bantuannya. kami mohon kepada semua pihak yang memiliki kepedulian masa depan anak anak kita,selain itu kita menerima buku bacaan dan prasarana (peralatan belajar mengajar) untuk kami sampaikan kepada anak anak binaan kami yang kurang mampu.

    tempat tinggal kami di dusun pangasinan,rt 04 rw 08 desa binangun kec pataruman kota banjar. sedikit banyak yang anda berikan sangat bermanfaat bagi anak anak dan masyarakat di kampung kami.

    semoga allah membalasnya dengan berlipat-lipat pahala yang sangat besar.

    mulyana,S.Pd.I
    dusun pangasinan,rt 04 rw 08 desa binangun kec pataruman kota banjar.
    HP 082119843963
  6. From 108csr on 23 February 2012 21:59:03 WIB
    salam kenal, jika ada artikel berupa kegiatan sosial didalamnya bisa dikirimkan ke kami di www.108csr.com atau bisa mengirim artikel ke redaksi_108csr.com@my3rabbits.com

« Home