Articles

Nomor Urut Cagub DKI dan Keberuntungan Politik


21 May 2012

Nomor Urut dan Keberuntungan Politik

Oleh: Didiet Budi Adiputro

 


Suasana riuh mewarnai sidang pleno KPUD DKI Jakarta, dengan agenda pengambilan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur, yang akan berlaga di pemilukada 11 Juli mendatang.

Dalam sidang pleno yang dipimpin oleh Ketua KPUD DKI Dahlia Umar, gubernur incumbent Fauzi Bowo dan pasangannya Nachrowi Ramli yang didukung Partai Demokrat,  mendapat nomor urut 1.

Nomor urut 2, didapat pasangan Hendarji Supandji dan Ahmad Riza Patria. Sedangkan Walikota Solo Joko Widodo yang juga turut meramaikan bursa pemilihan gubernur, bersama pasangannya Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan nomor urut 3.

Mantan Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan Prof. Didik Rachbini akan memakai nomor urut 4. Sementara pasangan dari jalur independen Faisal Basri Batubara dan Biem Benyamin mendapat nomor urut 5. Dan yang terakhir, pasangan yang diusung Golkar, PPP dan PDS, Alex Noerdin dan Nono Sampono mendapat nomor urut buncit 6.

Meskipun mengaku tak punya angka favorit, para calon punya berbagai alasan, bahwa nomor urut yang didapatnya punya arti khusus. Misalnya Faisal Basri yang begitu happy dengan nomor urut 5nya. "Itu simbol negara  pancasila, pandawa ada lima, solat lima waktu, dan bang Biem waktu di DPD nomor urut lima lolos juga", ujar mantan rektor Perbanas ini.

Sementara Jokowi yang seorang penggemar rock, merasa nomor 4 yang didapatnya membuat dirinya semakin metal. "Artinya metal menang total", ujar Joko sambil tertawa.

Lalu, gimana dengan komentar Foke? Saat tim perspektif online mencoba bertanya komentarnya mendapat nomor urut idaman yaitu 1, Foke  hanya berkomentar singkat. "Nanti dulu lah", ujar gubernur yang pada Pilkada 2007 memakai kumis sebagai jualannya ini.

Kedepannya nomor urut calon ini bisa dipakai sebagai bagian dari strategi marketing politik dan kampanye untuk menggaet calon pemilih di DKI.

Meskipun terlihat sepele, namun tidak sedikit orang yang mengaitkan nomor urut pasangan calon, dengan hal yang bersifat klenik atau nomor keberuntungan. Masih hangat diingatan kita bagaimana Presiden Yudhoyono dan Partai Demokrat amat dikaitkan dengan angka 9. Bahkan Presiden  ketika sedang memberikan pidato di Harvard pada 2009 lalu, pernah mengaku bahwa 9 memang merupakan angka keberuntungannya.

Ya, Presiden memang lahir pada tanggal 9, bulan 9 , tahun 1949. Partainya sendiri juga didirikan tanggal 9, bulan 9, tahun  2001. Boleh percaya atau tidak.

Calon Independen Bisa Berkompetisi

Namun dibalik ingar bingarnya pengambilan nomor urut pasangan cagub cawagub DKI, satu hal yang patut disyukuri oleh warga Jakarta adalah berhasil lolosnya calon independen dari proses verifikasi faktual untuk ikut berlaga di pilkada.

Setengah juta dukungan masyarakat untuk tiap pasangan calon independen, secara tak langsung turut berkontribusi pada semakin sehatnya demokrasi dan terbukanya pilihan alternatif bagi warga Jakarta dalam memilih pemimpin barunya.

Perubahan sudah di depan mata, hadirnya calon - calon berkualitas membuat pilihan kita jadi makin kaya. Sehingga makin sedikit alasan untuk tidak memakai hak pilih kita, demi menentukan nasib Jakarta kedepan.

Print article only

5 Comments:

  1. From obat alami jantung koroner on 23 May 2012 10:25:00 WIB
    thanks gan infonya semoga bermanfaat
  2. From andre on 28 June 2012 23:24:23 WIB
    duhh.. kok britanya jd sdikit guyon.. hmm bolehlah itung2 mgurangi stres.. kok perspektif.net kurang mengulas kekurangan dan kelebihan masing2 calon??

    om wim apa kabar nih? kira2 beri dukungan ke siapa oom??..
  3. From Ludjana on 30 June 2012 09:46:00 WIB
    Mudah mudahan
    Tak henti hentinya kita optimistis
  4. From hery suhardjo on 05 August 2012 11:11:29 WIB
    aslkm,terima ksh sebelumnya,saya dukung \\\"jakarta baru\\\"
    Di awal putaran pertama sdh terasa adanya kelompok yg menyuarakan pemilihan,menghimbau melalui RT, pilih no1 ya? Ada apa dibalik itu??? Saya hanya jawab iya,pada saat pemilihan saya gunakan hak suara utk mendukung no3. Say no to bang foke, welcome JOKOWI No3 menang,knp? Blm puas kah bang foke? Msh ingin jadi gubernur pepesan kosong??? Calon utk DKI 1 rakyat pilih dan dukung JOKOWI
    Semoga di putaran ke2 pasangan JOKOWI menang telak,membuktikan bahwa banyak rakyat yg menyukai dan mendukung NO.3
  5. From Dery Yusuf on 23 August 2012 11:42:34 WIB
    [Quote] Sementara Jokowi yang seorang penggemar rock, merasa nomor 4 yang didapatnya membuat dirinya semakin metal. \"Artinya metal menang total\", ujar Joko sambil tertawa. [/Quote]

    Maaf itu bukannya Jokowi dan Basuki itu nomor 3 kok jadi nomor 4 yah ? Sedikit koreksi aja :)

« Home