Articles

Transkrip dan Wawancara The Politic


25 July 2012

Wawancara The Politic

20 Juli- 2 Agustus 2012

 

http://bit.ly/O0r1zg  http://bit.ly/P1opfs   http://bit.ly/MX552h   http://bit.ly/P4nO0c

 

 

Sri Mulyani dan SRI menurut WW

transkrip oleh: Lidia Siregar


Dengar-dengar pak Wimar bagian dari Partai SRI ?

Saya adalah salah satu pendiri Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI-K) yang mendukung Sri Mulyani. Saya bukan pengurus Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) tetapi anggota. Menjalankan kegiatan masyarakat di berbagai kpta dan dari mall to mall,terakhir diadakan di Botani Square, Bogor.

Kalau ingin tahu masalah Jusuf Kalla melamar ke Partai SRI?

Saya bukan pengurus jadi saya tidak tahu. Saya hanya baca dari media saja, bukan hanya Jusuf Kalla saja yang mendekati tetapi katanya orang Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat. Kalau Soalnya bagi siapapun Sri Mulyani menjadi asset didalam partau mereka. Tapi beliau diharapkan menjadi calon dari SRI

Tapi persiapannya menuju 2014 ?

Ia diharapkan menjadi calon dari SRI.

Katanya akan ada kedatangan Sri Mulyani ke Indonesia?

Sekarang Ia berada di Istana sedang berkunjung kepada Presiden.

Itu untuk pencalonan presiden tidak?

Tidak ada, pencalonannya akan datang dari Partai SRI. Ia datang dengan delegasi Bank Dunia ke Bali untuk pertemuan negara-negara dunia, dan mampir berkunjung kepada keluarga, sahabat dengan BKPM, Menteri Keuangan , Menko Ekonomi. Tidak sopan kalau pejabat-pejabat internasional tidak berkunjung ke Presiden.

Tapi pemberitaan Sri Mulyani pernah tersangkut dengan Bank Century, Itu tidak membuat  khawatir?

Saya khawatir karna Pers itu menceritakan berita bohong. Yang dikatakan Sri Mulyani terlibat kasus Bank Century, itu adalah Issue tipuan. Namun, sekarang tidak ada lagi yang menyebarkan berita itu.

Pandangan Pak Wimar dengan masalah kekhawatiran itu?

Saya tidak melihat suatu perjuangan dari halangannya, tetapi melihat dari jalannya dan tujuannya. Perjalanannya menekankan pemberdayaan orang Independen, dan sudah terbukti di DKI. Tujuannya untuk menjadikan Sri Mulyani Presiden RI. Halangannya tidak perlu dibahas.

Issue bahwa JK mencalonkan sebagai Presiden?

Ia tidak punya partai. Aburizal Bakrie saja tidak mengijinkan.

Menurut Pak Wimar, JK seperti apa orangnya?

Saya tidak ahli mengenai JK, lebih baik saya tidak bicara.  Saya hanya bicara mengenai orang yang saya kenal.

Dari Partai SRI tidak tertarik?

Dari Partai SRI hanya tertarik untuk mencalonkan Dr. Sri Mulyani

Untuk wakilnya?

Belum tahu,itu terserah Sri Mulyani, calon Wapres bisa menyusul, untuk Sri Mulyani saja pencalonannya belum dilakukan secara resmi.

Menurut Pak Wimar pemerintah saat ini seperti apa?

Pemerintah saat ini hanya tersisa 2 tahun, kita tidak perlu melihat lagi seperti apa. Hanya membantu supaya Indonesia selamat, memiliki martabat yang baik. Sekarang kita lihat kedepan ke 2014.

Mengenai Indonesia akan meminjamkan dana  ke IMF, dengan adanya Ibu Srididalam itu?

Ibu Sri tidak ada hubungan dengan IMF. Ibu Sri itu di Bank Dunia.

Bagaimana langkah-langkah pers untuk menyelamatkan Indonesia?

Dengan tidak menyebarkan berita bohong. dengan tidak membuat fitnah.  Dengan mendukung orang baik, dan mendiamkan orang buruk. Kalau pers pintar sebaiknya mencari informasi yang baik, kalau pers bohong membuat berita bohong.

Selain tidak menyiarkan, ada langkah-langkah yang nyata?

Itu sudah sangat nyata bagi Pers. Buktinya serangan pers membantu Sri Mulyani sampai digugat oleh  PANSUS DPR. Sehingga kita membuang Menteri Keuangan terbaik di Asia dan mungkin di Dunia. Dan membuat pimpinan partai yang mengandalkan kekuatannya dari korupsi, penunggakan pajak, penggenangan lumpur. Itu adalah kerusakan yang diakibatkan oleh Pers yang tidak fair.


Apakah Indonesia bisa menjadi negara yang besar?

Indonesia dari segi ekonomi adalah negara tercepat pertumbuhan ekonomi di Asia dan memiliki politik mengarah pada demokrasi yang jelas. Indonesia bisa besar jika mempunyai presiden yangJujur, Tegas dan Mampu. Mengurangi korupsi bisa meningkatkan kemajuan Indonesia, karena sekarang APBN 30% dikorupsi. 

Bagaimana cara untuk mengatasi korupsi?

Mengganti orang-orang yang korup. Harus presiden yang bisa mengatasi itu. DPR bisa protes tetapi masyarakat pasti mendukung.

Bagaimana dengan 2 tahun kedepan?

Orang akan berkurang apatisme. Mampu menyatakan haknya dan melihat politik tidak dianggap ekslusiif untuk orang-orang partai. Akan muncul orang baik di Indonesia. Demokrasi tidak dimenangkan dengan 90%, kadang-kadang 40% juga menang, saya yakin Sri Mulyani akan menang.

Ada obsesi masa depan?

Ingin terus melakukan apa yang saya lakukan, memelihara apa yang ada, mendapatkan apresiasi, melanjutkan kepercayaan yang diberikan, dan menjaga hubungan yang baik dengan Pers.


Print article only

2 Comments:

  1. From AA Putu Gede Artayasa on 25 July 2012 13:31:55 WIB
    Dear Pak WW,

    Great to hear you are well, saya adalah seorang fans bapak sejak presiden gusdur, dulu bapak pernah wawancara saya lewat radio pada saat seringnya demo yang minta beliau mundur, saya berharap banyak waktu itu beliau tidak mundur tapi kan faktanya tidak seperti itu, saya tahu demo itu tidak murni, dan saya sekarang berharap lagi dengan Ibu Sri, saya sudah muak dengan elit sekarang yang semakin jauh dengan cita2 proklamasi, pertanyaan saya apa mungkin kita merubah pola pikir kalangan kelas menengah kita seperti yang bapak inginkan dalam artikel ini, saya mengikuti kul tweet bapak, sepertinya yang bapak hadapi adalah tembok china dari segerombolan orang-orang yang pro status quo, tidak mau berfikir jernih, saya hanya bisa mendoakan bapak tetap sehat, dan bisa melihat negeri ini lebih baik dari sekarang, negeri yang lebih adil, lebih aman dan lebih bersih dari koruptor.

    Best regards,
    Putu
  2. From nugraha62@gmail.com on 19 August 2012 21:15:13 WIB
    slmt mlm pak perkenalkan nama saya hidatat turahman saya tinggal di plosok tepatnya di kutai kartanegara

    klw blh saya minta bantuan dari bapak saya ingin jadi seniman artis kira2 gimana caranya ya pak?

    saya ingin sekali membatu ekonomi keluarga saya, saya ingin mengangkat derajat keluarga saya terutama ibu saya

    maaklum saya dari kalangan ekonomi menengah kebawah

    kiranya bapak mau membantu saya


    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

« Home