Articles

10 Topik Terbesar 2006

Perspektif Online
26 December 2006

Banyak cerita yang diangkat di Perspektif Online tahun ini. Dari Republik BBM sampai Miss Indonesia sampai Dialog Khusus, dari Filosofi Kopi sampai Mendadak Dangdut sampai Sekuntum Nozomi, dari Gus Dur sampai Soeharto sampai Saddam, tapi inilah 10 topik paling populer menurut jari telunjuk anda. Klik!

 

10. UKP3R
Apa tugas dan wewenangnya? Gak jelas, karena yang penting adalah the real issues behind the Marsillam brouhaha. Apakah Jusuf Kalla resah karena Marsillam atau karena Golkar sendiri?

9. Munir
Sudah jelas yang terjadi adalah pembunuhan tapi harus diusut siapa pelakunya dan apa peran Polycarpus? SBY sudah janji bongkar misteri dan, Suciwati tidak akan berhenti tagih janji SBY. Satu ini terbongkar, dunia goyang. It's bigger than you think.

8. Poligami
Banyak tantangan dalam perjuangan peran wanita, tapi berkat Aa Gym, topik Poligami terangkat lagi. Dukung Aksi Perempuan Tolak Poligami karena poligami adalah diskriminasi terhadap kaum perempuan dan merendahkan martabat perempuan.

7. SBY
Cepat, sebut masalah apa yang dipecahkan SBY tahun ini? Reformasi memang susah, tapi semakin susah lagi bila SBY can not decide dan kurang produktif bila ada lack of leadership. Ayo berani gunakan mandat rakyat dengan tegas, sebelum disaingi orang yang siap jadi Presiden 2009 dan ingin jadi Wapres 2009.

6. George Bush
Makin banyak yang berani menyatakan pendiriannya. Juwono Sudarsono menanggapi Rumsfeld, dan rakyat Amerika sendiri bersuara membuat Bush kalah Pemilu. Itu besar sekali artinya dibanding soal Bush visit Bogor.

5. Hell, Yeah!
Biografi Wimar ditulis oleh Fira Basuki dengan gaya tidak serius. Setelah diluncurkan dan disambut baik oleh pers, duo ini keliling ke Toko Buku Gramedia cabang PIM, Cirebon, Citraland, Depok, dan Bogor. Format aneh tapi laku keras dan terpaksa cetak lagi.

4. Lumpur
Lumpur Lapindo dibuang ke laut, terus Sidoardjo bagaimana? Presiden mengakui kasus ini adalah bencana dan akhirnya Menko Bakrie bertindak, entah dengan membantu korban atau jual perusahaannya?

3. Pilkada
Aceh sukses, Jakarta bagaimana? Gubernur Kita di Jak-TV lumayan untuk sosialisasi, tapi anda yang harus yakin pada hak suara sendiri. Tahun depan Sutiyoso diganti, entah oleh Good Guy atau Bad Guy? Kampanyekan jagoan anda, jangan hanya duduk nonton pertarungan Koalisi Jakarta vs PKS.

2. Demam Blog
Perspektif masuk 10 Blog Pilihan. Thanks, Tempo. Dan tebak siapa yang ikut ngomongin Demam Blog di TV? Setelah ngobrol sama Budi Putra, Wimar menyadari I am a blogger dan melirik blog Iyo anak SMP. Ayo semua bikin blog dan bela good guy!

1. APP
Kasihan, perempuan. Siapa yang perkosa, siapa yang disalahin. Ikuti perkembangan kontroversi UU APP dan mengapa kita harus Tolak UU APP. Anda belum pernah baca naskah UU APP? Jangan malu, banyak yang dukung pun belum pernah baca.

 

Update 28 Dec: Thank you, friends

Top Referrers 2006

  1. gusdur.net
  2. istribawel.com
  3. yosef-ardi.blogspot.com
  4. enda.goblogmedia.com
  5. firabas.multiply.com
  6. sarwono.net
  7. unicorn-in-love.blogspot.com
  8. priyadi.net
  9. simplyiyo.blogspot.com
  10. thegadgetnet.com

 

Update 29 Dec: Kata kunci yang paling banyak dipakai untuk masuk Perspektif Online (selain "perspektif" dan "wimar witoelar")

Top Keywords 2006

  1. ruu app
  2. flu burung
  3. tiara lestari
  4. republik bbm
  5. lumpur lapindo
  6. ukp3r
  7. marsilam simanjuntak
  8. papernas
  9. soeharto
  10. dewi lestari
 

Update 30 Dec: Wawancara tahun 2006 yang paling banyak dibaca di Perspektif Baru

Top Interviews 2006

  1. Yeni Rosa Damayanti: Naskah akademik RUU APP tidak memberikan dasar kuat
  2. Wimar Witoelar: Ahlak pribadi bukan urusan negara
  3. Fira Basuki: Menganyam cerita dalam realita
  4. Purnamadyawati: Fisioterapi untuk semua
  5. Dewi Lestari: Tidak suka menulis fiksi
  6. Christine Susanna Tjhin: Perkembangan dalam peran Tionghoa
  7. Darmaningtyas: Kegagalan UAN dalam reformasi pendidikan
  8. Budi Putra: Blog berdampak dahsyat
  9. Wisnu Aryo Setio: Blog menampilkan kelebihan Iyo
  10. Ade Purnama: Sahabat Museum
Baca wawancara lainnya di Perspektif Baru

Print article only

11 Comments:

  1. From Bambang Haryanto on 26 December 2006 09:32:40 WIB
    Dengan hormat,sebagai blogger saya ikut merasa senang bahwa topik blog di-klik hingga berada di peringkat kedua. Kebetulan di ujung tahun 2006 majalah TIME memilih pembacanya sebagai Tokoh Tahun 2006. Tentu saja pembacanya yang kini berkat media-media berbasis digital baru mampu bertiwikrama, menjadi raksasa, bersenjatakan blog sampai YouTube sebagai pengendali dunia media berskala global. Kita para blogger kini, tanpa menepuk dada, adalah aktor utama demokrasi digital yang baru. Peran yang mulia. Sayang, kematian Munir berada di peringkat bawah. Walau pun demikian, ia jangan sekali-kali kita lupakan. Untuk topik poligami telah saya luncurkan istilah gaul baru. Ajakan "Nge-GYM yuuk," harap dibaca bukan sebagai ajakan ke fitness center. Tetapi,harap dibaca dengan kaca mata baru : "poligami, yuuk."

    Selamat Tahun Baru 2007, selamat terus "mengamuk" dengan blog-blog Anda. Salam dari Wonogiri.
  2. From daelami on 26 December 2006 10:26:33 WIB
    Bung WM jadi icon baru. Semua menyanjungnya hampir tanpa cela. Bahaya lho nanti susah ketika melihat kesalahan yang di buatnya. Arti nya Bung WM jangan jadi pejabat deh. Biar gini aja.
  3. From anggA on 26 December 2006 11:44:41 WIB
    kapan ya ada hot issue yang bertema kemajuan bangsa yang bersifat revolusioner,,, pengen rasanya ada tersangka2 pencuri uang negara atau uang rakyat dijebloskan ke rumah prodeo,,,, tingkat pengangguran dan kemiskinan turun drastis,,, indonesia utangnya berkurang dll,,,,
  4. From Franova on 26 December 2006 19:32:51 WIB
    Wow....isu pilkada jakarta bisa melesak ke peringkat ketiga dengan cepat. Mungkin kalau tahun ini tidak cepat berakhir maka nomor satu pasti di tangan topik ini.
    Suatu hal yang memang sangat ditunggu-tunggu.Karena acara ini merupakan pemilihan langsung kedua yang paling ditunggu-tunggu setelah pemilihan langsung Presiden RI.
    Walaupun di tahun 2007 nanti ada juga pemilihan yang sangat mengambil hati saya, apalagi kalau bukan pemilihan Rektor UI berikutnya. Wow dua moment yang tak boleh ketinggalan dalam hidup saya.

    Btw, isu perempuan sangat kentara tahun ini. isu APP yang belum basi terdengar di telinga kita, ditambah di akhir tahun terdapat isu poligami. Apapun isunya, kalau memang untuk kemajuan wanita di indonesia, pasti kita akan mendukung, tentunya mendukung yang positif.

    lalu kalau dilihat dari perkembangannya, maslah lumpur akan terus ada dalam top ten selama 5 tahun ke depan. Siapa tau? Masalah lumpur hanya bisa kita pasrahkan kepada yang di atas. Bisa cepat, bisa pula sangat lambat. Mungkin saja kan sampai isi bumi habis keluar dari lubang porong.
  5. From wimar on 27 December 2006 04:54:03 WIB
    Semua hot issue itu dibuat oleh kita-kita juga. Daftar ini adalah hasil anda sendiri dengan menulis comment. Pertanyaan "kapan ya ada hot issue dsb dsb ??" menunjukkan alam berpikir bahwa hidup adalah nonton dan nunggu dan ngomelin orang lain. Padahal semua bisa harus berbuat. Semua bisa berbuat. Bicara juga termasuk berbuat, selama isinya komunikatif. Bukan berjerit, mencela dan memusuhi.
  6. From Ramli Sihaloho on 27 December 2006 07:14:01 WIB

    tetapi hot issuenya di pancing dan di fasilitasi oleh Bung Wimar yg kemudian di ramaikan dan diperdalam oleh yg maO sharing.

    yeap sangat setuju, kita mulai dari diri kita masing2 untuk berbuat sesuatu yg benar DEMI UNTUK SEMUANYA penghuni bumi pertiwi ini. do the right thing right the first time and doing it better and better. do not trying to blame somebody else because it's not solve any problem come up or come out.
  7. From Imin on 28 December 2006 00:07:04 WIB
    kok kasus Maria Eva & Yahya Zaini gak masuk ya mas Wim ???
  8. From sintang on 28 December 2006 21:56:28 WIB
    Ternyata masalah Politik dan pemerintahan masih menjadi isu yang sangat populer di tahun 2006, mulai dari SBY, Bush, Pilkada, dan RUU APP masih menguasai media massa walaupun ada kejadian2 alternatif di luar hal tersebut yang banyak mengisi media massa.

    Menurut saya hal ini merupakan respon dari kekecewaan dan kepedulian publik kepada kinerja dan tingkah polah "desicion maker" negara tercinta ini dengan tujuan agar bangsa ini bisa berubah tentunya ke arah yang lebih baik.

    semoga hal2 seperti ini masih dipedulikan oleh masyarakat Indonesia untuk terus kritis dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan yang menentukan nasib bangsa ini dan tentunya kita selaku masyarakat daripada harus menghabiskan energi dengan sia2 untuk memperhatikan dan menanggapai kasus-kasus "kacangan" selebriti yang hanya menawarkan Kesenangan semu dan kemunafikan belaka bahkan sampai menjual harga diri dan agama untuk bisa populer dan kaya.....

    Comment ini saya tulis sambil menonton acara Bang Wimar di Metro TV bersama Effendi Ghozali, Hadar Gumay pada Episode ke-13 akhir tahun.
  9. From Satya on 29 December 2006 12:12:00 WIB
    senang lihat komentar/analisa menyeluruh ala franova.

    kalau masalah lumpur muncul disini sebagai bencana alam, mestinya ada soal gempa gunung merapi. tapi rupanya topik lumpur muncul sebagai missmanagement pemerintah, jadi bisa juga digabung dengan nomor 7 (SBY tidak tegas). bagaimana presiden dengan mandat rakyat terbesar sepanjang masa tidak berani handle CORRUPTOR OF THE YEAR 2006.

    betul franova, isu perempuan sangat kentara. hari gini perjuangan hak dan martabat kaum perempuan malah dilawan? tapi jangan2 tidak sepenuhnya soal perempuan merendahkan sesama perempuan, tapi hanya imbas dari suatu topik lain, yaitu topik terbesar yang kita ga berani ngomongin (serem!), dan dijamin akan menjadi topik paling hot 2007: SYARIATISASI
  10. From Raynata on 29 December 2006 19:58:21 WIB
    Setuju...topik-topik itu memang yang paling ramai mengunjungi ruang tamu rumah kita dan layar komputer kita sepanjang tahun ini..
    Perasaan yang paling sering berkunjung ke pikiran saya (bersama kunjungan berita-berita itu), ya rasa prihatin..
    apapun topiknya..yang penting tahun depan harus lebih semangat untuk menjalani hari-hari kita yah...
    Semoga tahun depan bisa lebih jadi baik deh...dan seperti kata angga...smoga tahun depan ada topik yang revolusioner dan bisa jadi kebanggaan kita bersama...hingga akhirnya rasa bangga dan bahagia itu pun bisa ikut berkunjung ke benak kita semua..amin...

    regards..
  11. From Agung Fajar on 05 January 2007 06:20:45 WIB
    Penanganan bencana alam yang amburadul.

    Alam yang tidak rambah, karena hutannya yang di rambah. Juga dengan struktur geografis Indonesia yang luas, serta infrastruktur daya jangkau yang terbatas. Apakah tidak ada penanganan bencana alam yang down to earth (nggak terlalu rumit dan Fleksibility yang tinggi) ?.

    Juga penanganan bencana yang Narcis, buat program sendiri dan nilai sendiri-yang tentu saja ...baguuuusss.
    Bener-bener narcis man....

« Home