Articles

Pesta Blogger 2007: Kopi Darat Blogger Se-Indonesia

Perspektif Online
28 October 2007

kang tutur, jurkam mind of mine Oleh Lidya Wangsa

"Masih tidak percaya, sebuah pertemuan seperti ini pernah terjadi," kata Enda Nasution bersemangat saat membuka perhelatan akbar Blogger se-indonesia, Sabtu, 27 Oktober 2007. Ya, memang benar-benar sebuah acara yang sangat jarang terjadi. Sekelompok orang yang biasanya hanya akrab secara virtual dapat bertemu muka secara fisik atau bahasa gaulnya 'ngopi darat'.


Team Perspektif siap meramaikan Pesta Blogger

Acara diawali dengan sebuah Talk Show mengenai dunia blog Indonesia yang dipandu secara interaktif oleh Wimar Witoelar dan menghadirkan empat orang panelis yang dinilai berkontribusi besar bagi dunia blog dan sangat memahami perkembangannya, secara khusus di Indonesia, yaitu Budi Putra, Enda Nasution, Mohammad Nuh, dan Adrianto Gani.

Wimar Witoelar, yang juga merupakan salah satu steering committee dari Pesta Blogger 2007 (PB2007), menggiring perbincangan seputar blog dengan apik dan menarik. Para hadirin secara spontan dapat memberikan tanggapan dan beberapa blogger secara khusus ditunjuk untuk memberikan pendapat. Di antaranya adalah Iyo, blogger muda yang masih duduk di bangku SMA. Dia menceritakan sedikit pengalamannya dalam menulis blog. Disampaikan juga oleh Budi Putra dalam diskusi, bahwa dalam posting yang penting adalah isi, "percuma kalau hanya desainnya menarik, tapi isinya tidak berbobot."


Lebih dari 500 peserta Pesta Blogger 2007

Di samping cerita bahagia seputar aktivitas nge-blog, juga ada cerita mengharukan yang datang dari blogger asal Poso yang secara khusus ingin bertemu dengan para blogger dan tentunya ingin bertemu Wimar Witoelar. "Kalau ada yang disebut sebagai bapak Blogger, Pak Wimar itu sih opa-nya blogger," ujar Ruslan Sangadji (ochansangadji.co.id) blogger asal Poso yang juga berprofesi sebagai kontributor The Jakarta Post ini. Hal ini agaknya benar, mengingat Wimar sendiri telah memulai aktivitas blogging sejak 12 tahun yang lalu, jauh sebelum aktivitas blogging benar-benar digandrungi.

Bertempat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Pesta Blogger 2007 untuk pertama kalinya digelar. Acara ini dihadiri oleh sekitar lima ratus blogger beserta undangan. Hadir sebagai tamu kehormatan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Nuh yang mendukung positif acara ini. "Saya rasa pertemuan atau acara seperti ini perlu dilakukan secara berkala, jangan berhenti disini, apalagi pertemuan secara fisik memang penting daripada hanya secara virtual," ujar mantar Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini. Beliau juga menetapkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional dan mendorong para blogger untuk menciptakan lagu "kebangsaan" blogger. Bagi lagu yang terpilih, dijanjikan ada sebuah laptop yang akan diberikan secara khusus oleh Menkominfo.


Hari blogger nasional!

Berikutnya dalam sebuah sesi yang disebut break out session, para peserta diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan para blogger handal sesuai dengan kategori blog mereka. Ada 7 kategori yang ditawarkan, di antaranya adalah kategori current issues yang dipandu oleh Wicaksono, yang lebih dikenal dengan ndoro kakung di dunia maya. Secara khusus kelompok ini membahas mengenai tips dan bagaimana menulis dan mencari inspirasi untuk blog masing-masing mengenai topik sehari-hari yang paling dekat dengan kita. Ternyata mudah sekali, yaitu menulis dengan apa adanya tanpa berusaha untuk menjadi orang lain, maka cerita akan mengalir dengan sendirinya dan kalau menarik akan dinikmati banyak orang. Wicaksono juga menambahkan bahwa untuk membuat tulisan yang menarik, kita harus berusaha menulis berbeda dengan media tradisional.


Pemilihan blog favorit

Pada PB2007 ini juga diadakan pemilihan blog terbaik untuk 7 kategori, yaitu on line marketing blog, personal blog, women's issue, celebrities blog, current issue, blog technology, bridge blog, serta satu kategori tambahan yaitu kategori pendatang baru terbaik. Kabar baiknya adalah Perspektif.net terpilih menjadi blog terbaik untuk kategori Current Issue dan Mind of Mine, blog salah satu penulis PO menjadi blog pendatang baru terbaik.

Akhirnya seperti kata Wimar Witoelar, "Maju terus blogger Indonesia." Blogger harus punya sikap, berani menyatakan sikap dan berani menanggung konsekuensinya, serta yang penting tambahnya, "Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel." [LW]


Blog pendatang baru terbaik dan blog current issue favorit

 

Blogger: Dapat Mencerdaskan bangsa, Bisa Membodohkan Bangsa

nindita Oleh Nindita

"Selamat berpesta!" Ujar Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia dalam pidato pembukaannya di acara "Pesta Blogger 2007" pada tanggal 27 Oktober 2007 yang digelar oleh Maverick PR Consultant, bekerja sama dengan Bubu, Web Design Company.

Antusiasme dan semangat para blogger untuk menyemarakkan acara ini memang memenuhi lantai 8 Grand Indonesia, terlihat dari banyaknya blog komunitas yang hadir dengan mengenakan kaos atau baju yang seragam, juga blogger-blogger lain yang bela-belain datang dari tempat yang jauh banget dari Jakarta sehingga akhirnya jumlah blogger yang hadir di acara ini melampaui perkiraan panitia dan melebihi kapasitas ruangan di Blitz Megaplex tersebut.

Tidak heran jika kemudian Menkominfo, Bapak Mohammad Nuh, dalam talk show Suara Baru Indonesia—bagian dari acara Pesta Blogger 2007—dengan senang hati menetapkan tanggal 27 Oktober tersebut sebagai hari blogger nasional. Di kesempatan tersebut, Beliau juga menganggap para blogger sebagai motor edukasi Indonesia. Tanggapan ini disetujui oleh Bapak Cahyana Amajadi yang mengatakan bahwa blogger mampu mencerdaskan bangsa, namun mampu juga membodohkan bangsa. Kemudian Bapak Cahyana Adi, Dirjen Telekomunikasi dan informatika, menyetujui dan berujar,"Blogger itu harus berkembang secara inovatif."


Menkominfo Mohammad Nuh

Mas Budi Putra, seorang blogger ternama, turut menambahkan "Masa depan blog itu ada di content." Menurutnya blogger Indonesia memang cukup memiliki keunikan sendiri yaitu mampu menulis apa saja dengan baik melalui metode learning by doing. Dengan nada yang sama, Wicaksono, penulis blog Ndoro Kakung, menyarankan untuk memblog dengan pintar, namun jangan takut untuk menulis blog.

Mas Enda Nasution, Chairman acara Pesta Blogger 2007, ikut menanggapi ide mencerdaskan anak bangsa lewat dunia blog, mengusulkan hadirnya blog center yang dapat member tahu jumlah, perkembangan dan advokasi untuk para blogger. Blog center ini juga dapat memberi pelajaran mengenai blog kepada orang awam. Menurut Bapak Blog Indonesia ini, sebetulnya beberapa blog komunitas sudah menjalankan beberapa fungsi blog center yang ditulis diatas.


Steering committee Pesta Blogger 2007

Setelah talk show Suara Baru Indonesia, mulailah discussion panel dari 7 kategori blog di acara Pesta Blogger itu, yaitu Online Marketing and sales, Women’s issues, Technology blogging, Personal blog, Celebrity blog, Current issues, dan bridge blogging, kesemuanya membahas mengenai dampak penulisan blog ke lingkungan sekitar, dan ke diri kita sendiri.

Salah satu diskusi seru terjadi dalam discussion panel di kategori Personal blog, dimana banyak dari para blogger yang selama ini menulis blog untuk diri mereka sendiri, ternyata memberi pengaruh yang besar ke lingkungan mereka, seperti pengalaman Nila Tanzil ketika dikecam oleh pemerintah Negara tetangga karena menuliskan hal yang kurang baik mengenai pariwisata di Negara tersebut. Juga pengalaman beberapa blogger lain yang tiba-tiba dihubungi penerbit untuk diterbitkan blognya dalam bentuk buku atau dihubungi untuk meminta tulisan blognya dijadikan tayangan televisi. Seorang blogger bahkan dapat mengumpulkan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam hampir sebesar satu milyar dalam jangka waktu dua tahun berkat tulisannya di blog yang selalu mengangkat tema-tema sosial.

Diskusi menjadi semakin seru ketika beberapa blogger bersilang pendapat apakah blog seseorang sebaiknya sengaja dibuat fokus pada satu permasalahan agar masyarakat dapat menggunakan blog kita sebagai acuan atas suatu hal seperti blog geologi milik Rovicky D. P. atau blog harusnya justru sengaja dibuat memiliki banyak topik sehingga jumlah pengunjung yang mampir ke blog kita akan menjadi semakin meningkat karena blog kita akan sering beredar di hasil pencarian search engine seperti blog Mas Aal. Sampai akhir diskusi panelpun, pertanyaan ini masih belum terjawab.


Salah satu breakout session

Di sisi lain, panel diskusi Current Issues menjadi panel dengan jumlah blogger paling banyak. Disusul dengan panel diskusi online marketing and sales yang dipandu oleh Mas Nukman yang membawakan acara diskusi tersebut dengan penuh tawa. Dalam Online Marketing and Sales tersebut para blogger saling berbagi cara memperoleh profit dari blogging, yaitu dengan menaruh iklan di blog atau dengan menjadi entrepreneur lewat blog itu sendiri, seperti yang telah dilakukan kawan-kawan dari kutukutubuku yang kini mampu memperoleh omzet hingga lima juta rupiah per bulannya. Nukman kemudian menyimpulkan, "Suara Baru adalah para blogger yang berani membrandingkan diri sendiri."

Kemudian ada pula pemain biola handal, Maylaffayza, di kategori celebrity blog, yang menyetujui kekuatan blog karena blog memiliki personal relation. Hubungan antar blogger akan menjadi sangat dekat karena benar-benar tahu keseharian blogger lainnya. Free? Itu beauty of the blog.

Wimar Witoelar sebagai salah seorang blogger senior dan moderator dalam talkshow Suara Baru Indonesia di acara Pesta Blogger 2007 tersebut terus menyemangati setiap orang untuk ber-blog ria dengan mengatakan,"Blog ini trend dunia. Kecantikan blog itu spontan. Bermutu atau tidak bermutu yang penting mengeluarkan suara. Kalau ngomong nothing, nanti akan ada something yang keluar."


Team Perspektif, semua senang!

Pesta Blogger 2007 ditutup dengan banjir hadiah lewat pengumuman blog terbaik dan doorprize. Blog terbaik dari kategori online marketing and sales adalah Media Ide, blog terbaik dari kategori woman’s issues adalah Fashionese Daily, blog terbaik dari kategori Blogging technology adalah ilmukomputer, blog terbaik dari kategori Personal Blog adalah Istri Bawel, blog terbaik dari kategori Celebrity blog adalah Jennie S. Bev, blog terbaik dari kategori current issues adalah Perspektif Online, blog terbaik dari kategori bridge blogging adalah Enda Nasution, dan Blog terbaik dari kategori newcomers adalah Lidya Wangsa. Masing-masing pemenang mendapat hadiah yang menarik, dan sertifikat. Kemudian diumumkan pula pengumuman pemenang doorprize.

Yang belum mendapat hadiah, nantikan saja Pesta Blogger tahun depan. Untuk saat ini teruslah menulis blog bagus yang menginspirasi banyak orang.

Lihat Foto:

Print article only

54 Comments:

  1. From Viking KARWUR on 28 October 2007 08:41:29 WIB
    Akhirnya ketemu juga di Pesta Blogger 2007, rekan-rekan PRESPEKTIF.NET --- Selamat buat Keluarga Besar Prespektif.net yang membawa pulang 2 penghargaan... Sukses...

    Kebetulan duduk didekat tim-nya Prespektif...

    Seru deh acaranya...
  2. From mulhanan tombolotutu on 28 October 2007 14:06:55 WIB
    Tidak semua blogger dari seluruh nusantara dapat hadir. Gimana kalo sesekali tim perspektif tour ke daerah agar dapat kopi darat dgn blogger2 lainnya, biar untuk pertama kali ke kampoengnya bung Ochan sangaji di palu/poso. Sukses buat tim perspektif
  3. From Lidya Wangsa on 28 October 2007 14:41:48 WIB
    Terimakasih VK...

    senang juga boleh berkenalan dan tukeran name card dg VK...

    sampai jumpa di 'kopi darat' blogger berikutnya...

  4. From Franova on 28 October 2007 15:14:41 WIB
    Keduaxx

    wah akhirnya bisa ketemu lagi dengan pak wimar dan kawan kawan.
    BTW, saya mupeng sama kaosnya tuh pak, bisa beli dimana ya?

    Ya semoga acara kopdar terseru kemarin bukanlah pelepas dari semua semangat yang ada.
    Masih banyak tugas kita sebagai seorang blogger. Baik itu tugas memenuhi target 1 juta blogger tahun depan ataupun tugas merapikan konten danmemberikan manfaat pada dunia Blogosphere.

    finnaly, maju terus blogger indonesia
  5. From Ollie on 28 October 2007 15:43:53 WIB
    Selamat buat tim perspektif.net, nice to know you :)
  6. From Bi[G] on 28 October 2007 18:17:49 WIB
    Ralat dikit yah oom.. buat mbak Lidya Wangsa..

    itu Iyo masih SMP koq.. belum SMA..

    http://blog.adypermadi.com
  7. From Maylaffayza on 28 October 2007 19:19:17 WIB
    Hi Lidya...

    It was nice meeting you at PB2007. Mampir2 di blog ku ya... maylaffayza.multiply.com

    Congratulations on your win!
  8. From budi sutomo on 28 October 2007 21:10:48 WIB
    sempat datang,seru & bravo blogger indonesia!
  9. From Ria Wibisono on 28 October 2007 21:24:58 WIB
    Congrats deh buat Perspektif Online atas kemenangannya.... semoga PO tetap jaya dan konsisten...
    Harapan saya, blog2 lain yang menang juga tetap bertahan dan update terus...
    hidup blog Indonesia!

    http://riawibisono.wordpress.com
  10. From evan on 28 October 2007 21:43:00 WIB
    hidup PKB!
    hidup PKB!!
    hidup Partai Kebangkitan Blogger!!

    http://evanahmadyusuf.blogspot.com
  11. From bramsakti on 29 October 2007 01:24:44 WIB
    WW bener-bener bikin suasana idup banget kemaren! Tapi kok agak terlalu sering promosi perspektif.net nya ya? hehe.. jadi agak narsis neh opa! Salut & terima kasih!
  12. From andri on 29 October 2007 07:18:43 WIB
    ya.. acaranya top banget, karna sya jauh-jauh dari bandung gak nyesel bisa ikutan.. sama Lidya Wangsa juga sempat kenalan,, moga masih ingat ya.. tanks juga buat pak wimar yang membuat acara pesta blogger jadi hidup ya..

    http://sandimuda.wordpress.com
  13. From andri on 29 October 2007 07:24:47 WIB
    selamat tuk Lidya wangsa blognya berhasil jadi pemenang di pesta blogger tuk blog pendatang baru ya.

    http://sandimuda.wordpress.com
  14. From Wibisono Sastrodiwiryo on 29 October 2007 07:25:31 WIB
    Hai Lidya...
    Selamat yah, hadiahnya buat siapa?

    Sekedar ngeramein tulisan tentang pesta blogger:
    http://dendemang.wordpress.com/2007/10/29/liputan-pesta-blogger-2007/
  15. From Miko on 29 October 2007 08:20:16 WIB
    Acara Pb2007 sangat seru, perlu diadakan rutin nih tiap taon, mudah-mudahan taon depan ada lagi.

    http://mikoraharja.wordpress.com
  16. From Dadang Kadarusman on 29 October 2007 08:20:45 WIB
    Bang Wimar, Selamat atas kemenangang blognya ya Bang. Jalan terus Bang, biar anak-anak muda bisa terus belajar untuk Indonesia. Jadi, kalaupun kemarin para pemuda menuntut untuk saatnya memimpin, mereka beneran sudah ada isinya.
  17. From Yudha on 29 October 2007 08:35:53 WIB
    Sayang Acaranya kurang luama, terutama sesi breakout session
    but eniwey .. keseluruhan sih Asik banget
    Sayang mo foto ama Bang Wimar, gak kesampean
    soalnya beliau walaupun "katanya Opa nya blogger", tapi asih di ganrungi ABG :))

    - www.cluster.web.id -
  18. From AG. Syam on 29 October 2007 09:01:25 WIB
    Meskipun gue nggak bisa hadir, gue ikut senang...coz doa gue sdh dikabulkan, yaitu biar blog ini dan blog MoM bisa jadi yang terfavorit dikategorinya masing-2. Mudah2an pastra blogger bisa jadi acara rutin tahunan. Biar gue bisa hadir juga taon depan. Salam Sukses buat panitia penyelenggara, dan terima kasih buat para sponsor...(http://ag-syam.blogspot.com)
  19. From away on 29 October 2007 09:22:16 WIB
    selamat atas terselenggaranya pesta blogger 2007. Jadi pengen lihat foto2 kemaren neh. Pasti seru banget ya...
    Oh iya, selamat ya karena blog ini jadi pemenang
  20. From khenny on 29 October 2007 09:36:15 WIB
    oom wimar....

    aku bukan blogger, nda pernah tertarik jadi blogger...tapi akhirnya...keterpaksaan melakukan research untuk kepentingan jadi mc kemarin..melahirkan sebuah ide manish.."mungkin sudah saatnya aku ngeblog..?!"
    congratz buat perspektif.net dan lidyawangsa..
    cu...

    btw om, aku nyesel nda sempet foto! (hiksss)
  21. From zaM on 29 October 2007 09:42:36 WIB
    Selamat udah berhasil mempertemukan para blogger Indonesia, jayalah Indonesia!
  22. From dewi on 29 October 2007 10:26:43 WIB
    Congrats buat WW&Lidya yang udah menggondol dua award+hadiah yang ciamik ke tengah2 kel. besar IMX:) Buat Lidya, selamat ya sekarang udah jadi selebritis blogger:)semoga ketika balik ke jember bisa menularkan wabah virus blogging ke arek2 suroboyo...
    Hidup Blogger!!!!
  23. From M Fahmi Aulia on 29 October 2007 13:51:58 WIB
    wah, untung sempat foto2 dg bung Wimar hahaha... :D

    http://mfahmia2705.blogspot.com/2007/10/cerita-mengenai-pesta-blogger-2007.html
    *mudah2an tidak dianggap spam...*
  24. From Yudi on 29 October 2007 13:59:08 WIB
    Pak Wimar, moga2 tahun depan di adain di Bandung yah ehehehehe

    http://first-things-first.blogspot.com/
  25. From ruslan sangadji on 29 October 2007 14:23:24 WIB
    Pesta Blogger 2007 yang sudah kita laksanakan kemarin, masih sebatas sebuah seremoni biasa. Sehingga kesannya, hanyalah sebuah pesta yang belum menyentuh pada substansi masalah soal komunitas kita.

    Memang, di satu sisi kita mendapat legitimasi dari negara dengan menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai HARI BLOGGER NASIONAL, tapi pertanyaan kemudian adalah, apa yang mesti kita lakukan setelah mendapat pengakuan itu...???

    Seharusnya, kemarin panitia mengagendakan sebuah pertemuan kecil atau semacam team work untuk membicarakan soal agenda ke depan pasca pesta blogger 2007 itu. Hasilnya, bisa tertuang sebagai rekomendasi, baik untuk komunitas kita maupun untuk kemajuan negeri ini.

    Memang, kita tidak hendak membuat komunitas kita laiknya asosiasi pekerja media seperti AJI, PWI atau IJTI. Tapi, paling tidak, dari kerja-kerja team work itu, akan menghasilkan sebuah perspektif baru, termasuk menemukan pemahaman (yang paling tidak sama) soal SUARA BARU INDONESIA itu.

    Walau begitu, salut buat kawan-kawan penggagas pesta blogger 2007, terima kasih banyak telah menggelar acara ini sampai kami bisa datang dan berbagi bersama. Terima kasih juga buat Bang Wimar Witoelar, Anda begitu sangat berkesan dan saya tidak akan melupakan Anda sampai kapan pun (semoga sehat selalu, panjang umur dan mudah rezeki).

    So... Thanks God, karena Tuhan jualah yang mengizinkan pertemuan kita semua. Viva Blogger Indonesia

    Salam
    ochansangadji.co.nr
    ochan-journalist.blogspot.com
  26. From Lidya Wangsa on 29 October 2007 15:15:48 WIB
    @Bi[G]
    hehe, terima kasi buat koreksinya, iya kemarin saya salah denger

    @Maylaffayza
    nice to meet you too...

    thx all
    hidup blogger Indonesia..
    @khenny, tidak ada kata terlambat u mulai blogging, start now!! Semangat!!
  27. From vjay on 29 October 2007 15:34:02 WIB
    selamet ya buat lydia dan pak wi...he..he..he.. nice to see u <http://Maholtrawa.wordpress.com>
  28. From isman on 29 October 2007 16:21:06 WIB
    “Jangan takut nge-blog karena tidak akan pernah dibredel.”

    ------

    Sensor atau bredel dari pemerintah (minimal dari DepKomInfo yang menggantikan Dep Penerangan) memang sudah hampir tidak ada. (Paling kasus khusus seperti Bang Wimar oleh Gubernur DKI, hehe.) Namun, yang mulai perlu kita waspadai adalah sensor dari sesama. Sudah ada contoh teman blogger yang diancam oleh orang atas dasar pencemaran nama baik. (Bisa dilihat di blog Pecah Ndahe.) Dan ini berakhir dengan tulisan di blog yang dicabut.

    Tapi apakah itu adalah solusi yang tepat? Kalau ini dibenarkan, bisa jadi terjadi budaya sensor diri--takut menulis nama, mengungkap identitas. Karena takut diancam. Pada akhirnya, jadi takut atau malas berpendapat.

    Dan ini, menurut saya, bisa sama parahnya dengan sensor pemerintah.
  29. From wiradikusuma on 29 October 2007 16:24:28 WIB
    selamat untuk penghargaan yang diraih! tahun depan gantian ya, hehe :-D

    http://wiradikusuma.blogspot.com/
  30. From rijal razaq on 29 October 2007 17:16:51 WIB
    sekiranya ada di Indonesia, ingin sekali bisa hadir di Pesta Blogger 2007..
    ya, ikut berpartisipasi lewat doá, semoga Indonesia semakin Jaya!!!!
    belajar hidup dan berbagi cerita, di rijal28.wordpress.com
  31. From nila tanzil on 29 October 2007 22:59:30 WIB
    Lidya, congrats yaah! wahhh, kamu hebaatttt!
    Smoga makin rajin nge-blog yaaahh..

    Om Wimar, aku seneng akhirnya bisa ngobrol ama si Om yg lucu dan menggemaskan ini. Hehehe.. kapan2x ketemu lagi yah, Om... :)

  32. From blogidator on 30 October 2007 03:47:46 WIB
    Selamat ya om! Anda emang pakarnya, such a great mind trapped in a great body:)

    Tergelitik oleh pertanyaan Roy Surya saat mewawancarai mas Budi di Metro TV beberapa bulan lalu, mengapa meloncat Asia Blogging dan bukan Jaringan Blog Indonesia, saya mulai tertarik menjawabnya. Sejak awal pertengahan Juni lalu saya mulai menyusun situs untuk para blogger Indonesia. Saya coba menarik berbagai elemen menarik dari Linkedin, Goinon, Del.icio.us, Ryze, facebook, mybloglog, technorati hingga Digg. Hasilnya, situs sosial dan networking khusus dengan gaya lebih sentripetal ke Indonesia. Kelar di awal Oktober. Pas rame-rame ada acara pesta, saya jadi berniat sekalian mengajukannya sebagai wadah pertemuan online melengkapi pertemuan fisik dengan pesta bloggernya.

    Apaboleh buat berhubung kesibukan di rumah, launching tertunda dan baru dirilis 28 Oktober kemarin.

    Mudah-mudahan bermanfaat bagi ajang silaturahmi online para blogger. Jika ini tampak sebagai promosi, tolong abaikan saja. Namun bila ada kemaslahatan di dalamnya, om Wimar diundang untuk dolan dan makan-makan di http://blogid.net/services

    Terimakasih
    Disclaimer: Berhubung masih Alpha, situs kami tentu saja masih agak buggy.
  33. From bocah gemblung on 30 October 2007 09:13:47 WIB
    selamat, selamat dan sekali lagi selamat !!

    Atas terselenggaranya pesta Blogger tahun ini.
    Semoga semakin menambah semangat kita untuk menyuarakan suara hati yang tercekat di tenggorokan, dan mendukung reformasi dan demokratisasi negeri kita.

    Buat Pak WW, walau terlambat, ijinkan saya mengucapkan minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.
  34. From daisy on 30 October 2007 09:25:03 WIB
    senangnya bisa menjadi 'saksi sejarah' lahirnya hari Blogger Nasional.

    sukses selalu untuk lidya dan PO yah
  35. From mels on 30 October 2007 15:16:08 WIB
    "Luar Biasa" adalah ekspresi aku saat memasuki gedung Blitz Megaplex saat itu...

    Hiruk pikuk serta suasana pesta Blogger terasa mulai dari lantai dasar.

    ada sekelompok orang mengenakan kaos komunitas atau blog masing..

    Imx team juga sudah mempersiapkan dress code untuk datang dalam acara yang 'Luar Biasa' tersebut..

    Walaupun kami berada di lokasi tersebut hampir 7 jam, tapi
    perasaan 'Luar Biasa' tidak habis sampai hari itu..

    Sukses terus para Blogger Indonesia Special thanks untuk WW yang menebarkan virus blogger ke aku..

    For Lidya, Semangat terus mengupdate Blog Lidya yang masih berusia 2 bulan :)...




  36. From iphan on 30 October 2007 19:55:09 WIB
    waduh... pinnya bagus. untung saya dapet satu... punya nya lidya... makasi looo

    iphan


    www.otakiphan.blogspot.com
  37. From andi miswar on 30 October 2007 20:38:08 WIB
    "Pesta Blogger=Kopdar Raksasa ituh..," kata tikabanget. Yups, rasa capek setelah melakukan perjalanan (palu-makassar-jkt) akhirnya terbayar lunas, menyaksikan para blogger tumpah ruah di lantai 8 di blitzmegaplex GI. Rasanya seperti keluarga besar yang berkumpul. berjabat, melempar senyum, berbagi url (ada yg dapat jodoh ga?)hehehe...(emang biro jodoh apa?) dll.
    tapi apapun itu, sepertinya para blogger seperti menemukan rumahnya di pb2007. Dan yang spesial, kami dapat kejutan dari pro XL dgn dua tiket pulang kampung. (Thnks utk proXL). Paling bersejarah, hari blogger nasional diproklamirkan siang itu.
    Benar kata Bung Wimar "I' M proud to be a blogger". Yah, saya bangga menjadi blogger. Bagaimana yang lainnya?


    salam

    andi miswar (the last man comment?)

    http://andimiswar.info/
  38. From Lyan on 31 October 2007 08:47:59 WIB
    For Lidya :

    Congratulation ya... all the best for you...



    God Bless You :)
  39. From RIZKI EKA PUTRA on 31 October 2007 11:55:15 WIB
    Sebagai orang baru di dunia blog saya sangat gembira sekali melihat pesta blogger yang sangat sukses! mudah2an kedepan para blogger menjadi salah satu motor dalam kemajuan bangsa ini
  40. From Mihael \"D.B.\" Ellinsworth on 31 October 2007 16:22:57 WIB
    Hmmm......sayangnya, Pesta Blogger baru diadakan di wilayah Jakarta saja. Saya yang notabene berada di daerah Bandung tidak bisa kesana, karena izin saya pas - pasan. :D

    Tetapi Pesta Blogger yang baru kali pertama ini saja sudah menarik. :D saya melihat dari artikel dan foto - foto yang ternyata bejibun. :D

    Hanya usul, tetapi sebaiknya Pesta Blogger tahun depan tidak hanya diadakan di satu kota saja. sebaiknya di beberapa kota, agar orang seperti saya bsia datang.

    *Digebuk*

    Hohoho, tidak ada pemaksaan pendapat disini. :D

    http://chaosregion.wordpress.com
  41. From Yohanes Widodo on 03 November 2007 03:48:32 WIB
    seneng bisa baca-baca berita tentang pesta blogger 2007. jadi bersemangat untuk kembali menulis di blog.

    sukses untuk tim perspektif. salut untuk bang ww.

    salam hangat dari netherlands,

    www.masboi.com
  42. From Deni_borin on 04 November 2007 19:24:52 WIB
    Wah.. keren euy!!
    Kapan diadakan lagi?

    Salam kenal

    http://deniborin.multiply.com/
  43. From herdian on 05 November 2007 22:50:29 WIB
    oooo seperti itu kaosnya lucu juga, bagi donk....
  44. From fromjakarta on 06 November 2007 04:14:25 WIB
    Selamat buat komunitas blogger, kita sih ikut seneng aja, mudah2an bermanfaat buat kreatifitas mencerdaskan bangsaku yang morat-mirit arahnya sekarang ini.

    http://meebofromjakarta.blogspot.com
  45. From ipoet-ipoet on 07 November 2007 12:03:13 WIB
    aduuh....jadi nyesel gak liat pesta blogger :((
  46. From black_xscale on 11 November 2007 22:35:17 WIB
    wah rugi bener saya gak ikut...
    Lah acara temu darat komunitas blogger palembang di tempat saya saja gak jadi ikut dikarenakan anak sakit.
    Salam aja deh buat para blogger indonesia, semoga saja ada di antara blogger yang berniat mau mencalonkan diri Presiden RI berikutnya, seperti yang ditulis oleh om Wimar di surat kabar kemarin. Asalkan jangan setelah jadi Presiden tetap seperti blogger 'kebanyakan' yang banyak nulis tapi gak pernah memperlihatkan siapa yang nulisnya (termasuk saya kali ya... hahaha)
  47. From Anno Cartensz on 22 November 2007 22:20:40 WIB
    Wah menarik juga, kpn-kpn buat di daerah biar makin rame.

    Salam

    Anno Cartensz / Palu
  48. From kunto on 05 December 2007 08:28:04 WIB
    buat para komunitas blogger ikutan sharing ni..komunitas pesta blogger ini gmana kl diadakan di YOGYAKARTA KOTA PELAJAR "HACKER" TERCINTA heheh...jgn lupa blog di daftar di satu search engine aja ya,, daftarkan aj ke ratusan FREE SEO biar cepet ter- Index di google..

    http://e-businesscenter.info
  49. From julai on 24 February 2008 09:17:30 WIB
    gue baru serius di blogger, tapi baru tahu kalo blogger popular bangget di Indonesia..seneng dah liat orang indonesia cinta technology.
    beri komentar tentang blog sayah dunk. thanks
    http://soup4soul.blogspot.com/
  50. From Unda RamUmar on 25 March 2008 12:08:31 WIB
    wew asik juga yah'.. pesta bloggernya'.. sorry nich baru gabung dan aktif ngebelog sekarang...

    tahun ini bakalan adalagi ngak yah pestanya .?

    oh iyah untuk teman teman sekedar berbagi alamat berikut blog gue.

    www.u2beu.com

    thx... salam ngebelog.
  51. From rofi on 26 July 2008 22:23:12 WIB
    WADUHHHHHHHHHHH ASLI IRI NIH.... IRI BGTTTTTTTTTTTT

    KOK SAYA BARU TAHU YAH... SAMPAI2 NEH SAYA BIKIN KOMET INI KAKI NYA GOYANG2 TANDA IRI BGT.. SALAH YAH EXSPRESINYA?.. SERIUS ......... DUH NANTI YG 2008 KAPAN NIH PAK? KASIH TAU YAH DI www.rofie.co.cc jgn lupa..pasti dateng nih dari batam... kita bawa rombongan
  52. From Hendro on 22 December 2008 09:51:13 WIB
    Halo bang wimar,kok lama gak muncul di tv, mana nih program acara di tv show .
  53. From tito on 28 October 2009 14:41:11 WIB
    selamat ulang tahun indonesian blogger
  54. From pameran on 07 September 2011 16:15:08 WIB
    wah kelihatannya seru banget ki,
    jadi pingin ikutan.

« Home