Articles

Citizen Journalism... Take it or Leave it!

Perspektif Online
01 December 2007

Melda Wita melapor via SMS

Himpunan mahasiswa Unpad dlm rangkaian pekan jurnalistik mengadakan Seminar jurnalistik 'Rame-rame Jadi Wartawan'.. Pembicaranya Heru Margianto Redaktur Kompas Cyber Media, Santi Indra Astuti Dosen Fakultas Komunikasi UNISBA dan Wimar Witoelar.

 

spanduk.JPG

 

Wimar Witoelar membuka presentasi singkat dengan pengamatanbahwa sekarang makin banyak gambar video kualitas rendah di siaran berita televisi, tapi dengan konten yang penting. Misalnya penembakan mahasiswa di Virginia Tech, Bom teroris di London, jembatan ambruk di Minneapolis. Perang kini dilaporkan oleh siapa saja yang membawa video camera dengan kemampuan internet. Dulu wartawan bintang CNN Peter Arnett bisa dipecat, sekarang wartawan orang biasa (citizen journalist) tidak bisa dibendung.

Reuters membagikan Nokia N75 kepada korespondennya dan ini memungkinkan laporan instant . Di perang Irak pertama dan sampai beberapa tahun yang lalu wartawan masih pakai stasiun bumi pemancar ke satelit yang berat dan mahal. Hari ini anda bisa pakai hp seharga 2 juta, membuat foto dan lsngsung menampilkannya di flickr.

cjpanel.jpg

Santi Indra Astuti (FIKOM Unisba), Heru Margianto (Kompas CM), Wimar (PO)

 

But it is not about technology alone. It is what you do with the technology. Dalam tahun 2004 terjadi hal yang bersejarah dalam komunikasi politik. Blog politik di Amerika Serikat pada waktu pemilihan Presiden, lebih banyak dibuka daripada koran komvensional. Sekarang kolumnis lebih cepat menerbitkan pikiran dalam blog peribadi daripada dalam koran konvensional.

Mahasiswa yang minta tulisan untuk jurnal mereka kini dianggap ‘jadul’. Lebih cepat dan lebih efektif, mengambil tulisan dari blog dan menggunakannya.

Acara ini bukan hanya di hadiri oleh masyarakat jurnalistik ada juga mahasiswa peternakan dan mahasiswa dr UNAS JKT.. Siapakah yang mempraktekkan Citizen Journalism? Bisa Anda dan saya yg dapat membagi cerita, berita, review film, stories about nothing and anything.. Inilah saat Anda bisa rame-rame mwnggunakan teknologi yang anda miliki, mengemas sebuah cerita personal menjadi berita publik atau sesuatu yang publik menjadi personal jadilah anda seorang wartawan. Menurut Herru Margianto pertama yang ada perlukan adalah passion, kemudian jangan mengharapkan pujian atau comment, berani bereksperimen dengan menggunakan moment yg tepat.. Misalnya saya menulis laporan ini pd saat seminar berlangsung.. WW menyampaikan anda bisa menjadi wartawan dan memberikan laporan dengan hanya menggunakan hp saat ini, dan dengan hitungan menit saja kita sudah bisa menikmati hasil foto di flickr.. Jangan pernah takut atau terlalu pusing memikirkan mau menulis apa, kredibilitas suatu blog, apakah akan laku, dan sebagainya. Mengenai kredibilitas Wimar sampaikan bahwa berlaku hukum pasar bebas . Dengan sendirinya ada proses seleksi terhadap blog yang terbit. Jaman sekarang, anda sendiri yang menentukan, apakah anda mau menjadi bagian dari demokrasi. Maka mulailah menjadi masyarakat citizen journalism dengan memiliki blog pribadi. Orang mau baca, bagus. Orang tidak suka, tidak jadi soal. Take it or leave it.

Print article only

21 Comments:

  1. From romi swadesi on 01 December 2007 18:34:01 WIB
    wah om wimar ini memang luar biasa..di sela-seloa seminar pun masih sempat-sempatnya nge-blog...
    salut,,om wimar memang blogger sejati..(berlebihan ya om..^_^)
    gak salah kalo om wimar dapet penghargaan...

    oya, omong-omong mahasiswa peternakan yang disebutkan di atas itu saya lho..hwek..(kata om wimar boleh narsis...)

    tapi, terlepas dari semua yang dibahas di seminar tentang citizen Journalism (bener gak yakh nulisnya?, maklum peternakan)saya sekarang mulai semangat untuk terus belajar nge-blog..

    seperti yang om bilang di seminar.. cukup memulai dari hati..

    hidup blogger...
  2. From ratu fitri on 02 December 2007 11:30:13 WIB
    WW, u're so inspiring!


    salute!


    salute!


    Iya..iya..saya bakal nyoba nulis blog kok...
  3. From anggana bunawan on 02 December 2007 11:30:59 WIB
    citizen journalism,, harusnya mendapat sedikit pelatihan reportasi,, atau minimal memiliki minat dan pengalaman di bidang jurnalistik,

    dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak kemampuan pokok dalam profesi dapat dijalankan semakin mudah seperti di dunia teknik arsitektur, si arsitek tidak perlu meja gambar besar dan manual seperti dulu, sekarang sudah ada software khusus yang bisa dipakai untuk menggambar.

    dunia jurnalistik pun begitu, dengan berdasar artikel di atas, rasanya semua orang sudah memungkinkan menjadi wartawan dadakan, dengan menggunakan hp misalnya.

    dampaknya lebih banyak positif, banyak orang akan tanggap terhadap apa yang terjadi di sekitarnya dan moga2 juga pendidikan masyarakat akan meningkat juga.

    kan masih bisa disunting atau diedit kantor berita penyelenggara. jadi ok saja...
  4. From annisa margrit on 02 December 2007 13:19:52 WIB
    mau ralat dikit, yg bener himpunan mahasiswa jurnalistik unpad...
    hehe

    saya salah satu panitia kmrn... seneng bgt wimar witoelar bersedia dtg... makasih!

    bener kt ratu fitri, u're so inspiring!
  5. From Aslam Ibham P on 02 December 2007 21:53:47 WIB
    Mohon maaf sebesar-besarnya karena sudah lama tidak memberi komentar untuk bung Wimar. Besar harapan saya http://akucintakoperasi.blogspot.com menjadi link nya prespektif online, tentunya jika ada persyaratan khusus saya akan berusaha menyanggupinya.
    mengulas tentang Citizen Journalism... Take it or Leave it!
    Dengan menulis maka kita telah menyumbangkan apa yang sedikit kita berikan buat dunia? jadilah bagian dari dunia ini, seperti bung Wimar ini, yang banyak telah mengidolakannya sebagai rajanya blog
  6. From Janeman on 03 December 2007 10:43:47 WIB
    Tulisan yang bagus bu Melda tapi sayang gak bawa oleh2 ya dari bandung.. :)

    another inspiring seminar pak Wimar, Selamat ya!

  7. From Astrid L on 03 December 2007 16:48:44 WIB
    Yup betul nama lengkapnya Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad. Saya pernah jadi pengurusnya loh bbrp tahun lalu. Skrg sih anggota pasif aja.

    Dari dulu HMJ boleh dibilang hima yg aktif menyelenggarakan seminar atau pelatihan. Sangat membanggakan bahwa kali ini mereka mengundang WW sebagai pembicara untuk tema yang bagus & pilihan mereka tidak salah.

    Thanks WW for inspiring the younger generation.
  8. From Marisa Duma on 04 December 2007 05:03:06 WIB
    Mangteb..
  9. From dewi on 04 December 2007 10:20:05 WIB
    engga sia2 perjalanan ke Bandung utk ikut seminar di Balaikota Bandung. Tempat yang eksotis didukung para pembicara yang sangat berbobot yang gape dengan bidang masing2, ngebuka cakrawala pesertanya untuk bisa ikut dalam dunia jurnalistik yang semakin mudah tetapi harus bisa bersaing dengan kecepatan, coz right now we live in a borderless world
  10. From F. Sofyani on 05 December 2007 13:01:54 WIB
    Seminar yang oke dan seru. Tapi mungkin tema yang lebih tepatnya "Rame- rame Jadi Blogger.."
  11. From ina on 06 December 2007 16:18:30 WIB
    bung WW emang bloger sejati, terus aja kampenye soal blog, dimanpun n kapanpu, tul gak?
    apa 7annya gak tau sih!! (maksudnya gak mau sok tahu aq, gitu)
    tapi yang jelas aq jadi semakin pengen buat punya blog, tapi meski klihatan katrok q mau bilang q blum bisa buat blog. ajarin donk!!
    he3x.
  12. From ucie on 09 December 2007 18:22:53 WIB
    haloo pak Wimar..
    terima kasih sudah datang di seminar kami. saya Ucie, ketua dari acara Seminar "Rame-Rame Jadi Wartawan" ini.

    Maaf kalau membuat pak Wimar kegerahan..(karena acara ada di lantai.3 Balai Kota) hehe..

    mudah-mudahan bisa bertemu lagi.
  13. From fithri amalia on 15 December 2007 13:27:16 WIB
    wah pas banget niy dengan skripsiku, bleh diambil yah;) Uci koq gak bilang2 siy kalo HMJ ngadain acara ini? it's too bad i can't make it, kecolongan deh aq;(

  14. From ompulsa.com on 17 December 2007 14:49:37 WIB
    makin lama banyak juga yang mencari pekerja2 freelance. Mungkin karena murah dan bisa nego :)
  15. From dah on 29 December 2007 23:05:36 WIB
    seminarnya seru...

    salut buat semuanya..
  16. From May Ichi Yeina Nofa on 05 January 2008 08:30:43 WIB
    emang jurnalistik itu TOP BGT!!

    yang jelas, dengan semakin menguatnya pemahaman tentang citizen journalism, berarti akan sejalan dengan meningkatnya kepedulian dan kepekaan masyarakat terhadap dunia (yang semakin sakit karena ga da yg merhatiin).

    dan juga semoga ada semakin banyak orang yang kritis. termasuk kritis mengapa jam tangannya Pak Wimar slalu menunjuk angka 8 (entah malam ato pagi), emangnya ada apa di jam8???
    ;p (JK kok....)


    lam kenal
    eyankcew.multiply.com
  17. From daengrulse on 15 January 2008 15:25:36 WIB
    semangat mewartakan dari masyarakat yang tidak terakomodir bisa diambil energinya oleh Cit-Journalism ini.
    Contoh paling bagus adalah http://panyingkul.com
  18. From Olly on 17 February 2008 07:34:57 WIB
    Ternyata citizen journalism memiliki banyak format juga. Info ini saya dapat dari Poynter Online. Steve Outing menulis artikel "The 11 Layers of Citizen Journalism" lengkap dengan contoh-contoh portal yang menerapkan masing-masing format. Interesting.. :-)
  19. From chucky on 31 March 2008 21:43:50 WIB
    aduh...ko acara di tv lokal jadi ga ada

    padahal kan lumayan buat ngerifres pikiran byr ga terlalu santai nonton tv yg ga terlalu penting acaranya.....

    n kalo bisa tokoh/bintang tamu jgn dari kalangan orng politik aj mas....tapi dari kalangan artis / pelawak byr ga tetrlalu fokus....

    oya.....

    kalo bisa maill aku d blz y....
    thanx mas.
  20. From lingga murni andarini on 24 June 2008 09:26:07 WIB
    saya ga sempet dateng ke acara ini!
    padahal pengen banget. ternyata ada artikel nya disini. hehe
    senangnya :D
  21. From astri lestari on 15 December 2008 18:36:47 WIB
    om wimar, kenapa saya telat mengagumi anda? membaca persfektif online adalah seperti jembatan baru dan membuka mata saya untuk melihat lebih dalam mengenai jurnalisme. saya ingin menjadi jurnalis!

« Home