Articles

Rafika Duri Kembali Dengan Irama Bossas

Perspektif Wimar
08 May 2008

Oleh Didiet Adiputro

Jika anda pecinta musik Indonesia, pasti tidak akan lupa dengan sosok penyanyi legendaris Indonesia Rafika Duri, yang kali ini hadir menjadi tamu di Perspektif Wimar dengan co host Melissa Karim.

Setelah 8 tahun vakum dari belantika musik Indonesia, Rafika kembali mengeluarkan album baru yang ia beri judul “Romantic Bossas”. Di album barunya ini, ia membawakan lagu-lagu terkenal yang didaur ulang dan dibawakan dengan cara bossas.

Tapi jangan dibayangin kalau isinya lagu-lagu lama yang didaur ulang , karena lagu – lagu yang sedang top saat ini seperti komposisi dari Grup Letto dan Ungu juga ikut dibawakan. Pemilihan genre bossas sengaja dipilih karena melihat banyak anak muda cenderung suka musik berirama Jazzy. Rafika juga mengakui kalau albumnya kali ini lebih segar karena yang membuat anak-anak muda.

Bergabung melalui sambungan telfon, dr. Tompi yang menjadi pengaransemen album ini, mengakui kalau dia sangat mengagumi sosok Rafika Duri. Dia percaya bahwa setiap penyanyi punya karakter yang berbeda, dan Rafika memiliki karakter suara yang unik. Tompi juga mengakui bahwa dia punya tim yang selalu mendukung pembuatan album yang berirama Jazzy ini.

Ketika ditanya tentang perbedaan dulu dan sekarang? Penyanyi senior ini mengaku di usia sekarang ia lebih matang dengan suara yang masih tetap terjaga. Menurut Rafika, dunianya yang dulu di elu-elukan itu sudah lewat dan sekarang menunggu kesempatan ke 2 dan 3, jadi jangan disia-siakan.

Paling tidak sampai saat ini masih banyak penggemar yang mengelu-elukan seorang Rafika Duri, dan salah satunya adalah Wimar Witoelar.


 

Print article only

23 Comments:

  1. From mansur on 08 May 2008 09:10:03 WIB
    Wow delapan tahun vakum dan kemudian kembali merilis album merupakan suatu prestasi tersendiri. Selamat atas album barunya.

    Kalau ada Perspektif Wimar off air tampil donk Rafika Duri
  2. From AG. Syam on 08 May 2008 09:57:38 WIB
    Ditengah-tengah boOming lagu-lagu dari boyband, saya kira kehadiran Fika bisa lebih menyemarakkan blantika musik Indonesia, apalagi Fika kembali dgn genre musik yg berbeda. Untuk irama bossanova cuma ada dua yg piawai membawakannya: Rafika Duri dan Rien Jamain. Mbak Rien kapan menyusul?
  3. From ris yuwono on 08 May 2008 10:46:47 WIB
    Kalo tadi malam abis nonton Lazio X Inter, akibatnya lihat TV Novita Dinar yang terlihat kerna Bung Wimar udah kelar...Jadi yang bisa saya lakukan adalah buka www.perspektif.net sambil menggerutu kenapa bangun kesiangan!PW Pokoknya Webat


  4. From agustine fransisca bellamia on 08 May 2008 10:50:53 WIB
    Hari ini saya yakin bahwa pendapat saya benar.
    Jika anchor berita Topik Pagi tidak bertanya "Mari kita langsung tanyakan ada apa di Perspektif Wimar hari ini...", artinya acara PW adalah taping alias rekaman. Gak papa. Yang penting tokohnya tetap menarik.
    Kalo boleh tanya, duluan siapa bikin album barunya, Ermy Kulit atau Rafika Duri? Video Klip nya manis deh.
    Bill Gates di Indonesia!!!!! Bang, ketemuan dong sama beliau. Bisa gak undang Bill Gates ke PW? Atau mau ikutan malam silaturahmi dengan Gub&Wagub Jabar terpilih aja? Hehehe....
  5. From UmanK on 08 May 2008 13:11:16 WIB
    Sebuah langkah yang bagus... Walopun sudah lama tidak eksis tapi semangat nya masih terus membara.

    Pemilihan irama yang jazzy sangat tepat. anak muda memang sangat gandrung dengan musik seperti itu.

    Selamat untuk Rafika Duri, semoga dapat lebih menambah warna di belantika musik Indonesia. (tapi warnanya yang berkualitas ya,, jangan murahan)

    Setuju dengan Mansur, kalo ada Perspektif Wimar live tapil dunk...

  6. From yacob hermawan on 08 May 2008 13:36:39 WIB
    Tiap pagi sebelum kerja sambil sarapan nonton PW [maksudnya siii liat Pendamping Wanita alias co-host].
    Tapi asli PW jadi menu wajib pendamping sarapan.
    Buat mba fika,pokoknya hidup bossas.
    thanks bang wimar
  7. From didiet on 08 May 2008 13:57:53 WIB
    saya setuju dgn mbak rafika kalau semakin banyak anak2 muda sekarang yang sangat Jazzy, hal ini terlihat dengan semakin maraknya event2 jazz yang ramai dikunjungi, grup musik yang bermunculan pun juga banyak yang mengusung genre ini, sebut aja dr. Tompi, Maliq d essential, parkdrive, andezz, dll.

    saya juga sudah dengar lagu2nya mba Rafika, saya senang mbak rafika juga ikut terpengaruh sehigga jadi lebih Jazzy.. salut untuk suara sexynya dan aransemen barunya..

    jadi, anak muda sekarang bisa punya alternatif pilihan lagu selain yang itu2 aja dan dengan makin banyaknya lagu2 beraransemen cerdas kayak begini,saya yakin musik Indonesia akan semakin berkualitas ..

    thx Perspektif Wimar untuk tayangan yang informatif.
  8. From karin on 08 May 2008 14:12:35 WIB
    mba rafika makin cantik aja.. lagu-lagu yang dibawakan ulang juga jadi sangat menarik karna dinyanyikan dengan warna yang berbeda dari penyanyi asli, bisa masuk ke telinga anak muda. Congrats untuk album barunya, mba! Pulang dari kantor nanti aku mau beli satu CD mba rafika untuk ibu ku yang nge-fans sama mba.. =)
  9. From Wid on 08 May 2008 14:45:38 WIB

    Terima kasih kang Wimar dah menghadirkan Rafika Duri, kangen deh sama lagu2nya .. yuuu kita nyanyian 'Tirai

    'Lelah, lelah hati ini
    mengapai hatimu, tak jua menyatu
    Lelah, lelah hati ini
    Bagaimana kelak ku akan melangkah disisimu'

  10. From Hedi on 08 May 2008 14:55:36 WIB
    saya jadi negbayangin Rafika Duri nyanyi dengan suara yang kalem, tenang dan syahdu seperti jaman dulu :D
  11. From dewi on 08 May 2008 18:01:35 WIB
    wah lihat aslinya lebih cantik lagi.

    salam dari papaku, yang fans berat Rafika:)
  12. From Rangga Aditya Septaputra on 08 May 2008 21:49:26 WIB
    Tante rafika merupakan favourite babekyu tuh. Menarik sekali, saya sudah lama enga ngedenger irama bosass, bosanova dll. Asik aja ngedenger versi cover version tante fika terhadap lagu pop. Keren. Tompi emang aset bangsa. Dulu dia bisa bikin versi \'balonku\' jadi lebih groove. Sekarangpun kontribusi terhadap album tante ini tidak mengecewakan.
    Semoga saya bisa ngeliat videoklip tante sama live performancenya di tv. Masa versi mandarin lagu samson masuk tv dan ini enga? Imposible!

    Semoga tante fika lebih bersinar di tahun 2008 ini!
  13. From |richard.p.s| on 09 May 2008 03:20:19 WIB
    Lama asal ok, layak dirindukan sepak terjangnya. Paling parah, udah baru, nggak ok, skeptik lagi.
    Apalagi mbak "RD" nge-jazz. Saya indent CD-nya ah. Duet sama Iga Mawarni dong mbak *rikwes loh, kalo nggak iso, ya wes* Tapi tetep ditunggu ya meramaikan panggung jazznya.
  14. From nugroho on 09 May 2008 17:23:40 WIB
    seru juga kalo mbak Fika duet sama mas Tompi... :). Mudah-mudahan saja di proyek mendatang...
  15. From ABEEY on 09 May 2008 20:39:42 WIB
    Selamat datang Tante Fika! Tambah kaya aja neech khasanah blantika musik Indonesia kita. Sukses yaa buat Tante Fika. Tetap produktif dan makin okeeeh.
  16. From adji on 10 May 2008 22:17:03 WIB
    Kolaborasi Rafika Duri dan Tompi, sepertinya patut dinanti.
  17. From Rita Farid on 12 May 2008 10:34:36 WIB
    Kagum banget sama Mba Fika yang musikalitasnya tinggi. Tetap mengusung jenis musik bossasnya tapi dengan lagu anak muda sekarang..

    Dengan suara lembut dan khas, ga ada duanya.. and masih terlihat cantik lo di usianya sekarang ini..

    Sukses buat Mba Fika yaa...
  18. From sigit susilo on 17 May 2008 09:57:58 WIB
    Pertama... lirikanmu
    Kedua... bisikanmu
    menggoda hatiku setiap waktu
    Lagu itu ada sewaktu saya masih SD, tapi sampai sekarang kok masih terngiang.
    Juga lagu yang bisa membuat melamun
    Rangkaian kata-kata darimu
    seindah syair di dalam buku...
    Pokoknya Rafika Duri TOPPPP!
  19. From Olly on 20 May 2008 07:49:23 WIB
    Saya udah beli CD Romantic Bossas-nya..Love it! ;-)
  20. From bondy on 08 July 2008 16:40:10 WIB
    iya bagus lagu2 nya...tp kok kasetnya agak "MENDEM" ya????
  21. From djoko sulasno on 28 September 2008 12:42:19 WIB
    Jazz-Bosas-Pop Rien Jamain, Rafika Duri dan lain2 pokoknya yang nostalgia kapan dirutinkan kembali pada acara TV peminatnya cukup banyak lho.
  22. From agussahid on 30 January 2009 10:02:51 WIB
    Dokter tompi udah ada, bidan emmy labib udah ada, ada yg baru tapi gila nih… mantri sunat jadi penyanyi !!! gila !!seems like idiot band di youtube jg ada.tu vocalisnya asli mantri sunat! gw suka kalo ada yag fenomenal kaya dia

    http://www.seemslikeidiot.blogspot.com
  23. From arifmauludin on 18 February 2009 15:28:38 WIB
    mba rafika harusnya ekses terus ditarik suara sebab suara khas dari yang lain,live maupun tidak suaranya tetap aja bagus......

Add Your Comment

Comments with fake names or email may be rejected.

Real Name:

Real Email: (will not be shown)

Message: (stay on topic)

Sorry, No HTML

Important! Please type Security Image here:

« Home