Articles

Century and Bumi cases: Who is the slayer, who the victim?

The Jakarta Post
13 January 2010

 Wimar Witoelar

 

After the disastrous machine gun attack on the Togolese national football team, Arsenal manager Arsene Wenger said the African Cup of Nations should continue despite Friday's attack on the Togo team bus in Angola on the Angola border which killed several people. "I don't believe you just can stop a competition from any incident as I think it rewards the people who provoke the incident and means any competition is stoppable at any time," added Wenger, who has Arsenal players Alex Song (Cameroon) and Emmanuel Eboue (Ivory Coast) playing for their national teams at the finals. Arsenal Wenger has got it right. It's not only about winning. It's about doing the right thing.

There is more than a touch of surrealism in the events unfolding today. We remember that SBY won the presidency with a majority of more than 60%. In addition, he has done nothing wrong. Even if he was at fault in the Bank Century allegations, it happened in 2008, the year before the political parties initiated the parliamentary proceedings supported by media owned by tax evaders. Many parliamentarians who now allege fraud in the Century bank bailout agreed with the bailout decision at the time it was taken. MoF Sri Mulyani and VP Boediono should be the last persons in any Indonesian government to be accused of dishonesty, with a clean record for the lifetime of their careers. So why are these good people being vilified by politicians, students activists and the person on the street?

You need search no further back than 2001 for a possible answer. The night before last New Year's Eve, the nation lost a great man who held the presidency for less than two years until he was ousted in 2001. In those brief years he succeeded in launching the greatest reforms in Indonesia's civil society. Through his leadership and the support of many good people, Indonesia became an overnight leader in the promotion of pluralism, democracy and indeed humanity.  Gus Dur is by all measures a hero.  Although he  lost the presidency, Gus Dur was elevated to become the keeper of the nation's conscience. He was a victim of a cabal, a small group of secret plotters.  Who were the plotters? Parliament leaders, the media, big money, misguided students and paid activists.  There is a strong sense of déjà vu. The cast of characters in 2010 is a bit different from 2001 but the story is the same.

SBY is not Gus Dur, but they are both popular leaders facing  vindictive politicians.  Substitute Aburizal Bakrie for Amien Rais in the leading role, and you have the same scenario now as we had back then. Bulog-Bruneigate was the excuse for wanton attacks on the president in 2001 and Bank Century is the issue in 2010. Buloggate was never proven as a crime and neither will the Bank Century case. Amien Rais went  for straight impeachment instead, explaining that it doesn't matter what he is guilty of, he has been removed. Aburizal may yet desert  Century  and aim at impeachment, all or nothing.

According to the press, student groups and activists plan to hold rallies to pressure President Yudhoyono and Vice President Boediono to step down. They demand that SBY and Boediono resign because the students feel they can no longer expect anything from them. Many do not agree, but they do not have the funding to resist, nor do they  own political parties and television stations. The economy needs the smart and impeccably clean finance minister, but she is drowned out by meaningless screams.

Where are the anti-Wahid activists of 2001 now?  Everybody mourns the  passing of Gus Dur whom the demonstrators derided, insulted and forced out of office. Students joined demonstrations led by Amien Rais in March of 2001. Where have they all gone?  Will the activists of  2010 also disappear  once their cynical job is done? Activists announced they would take to the streets in a force of 100,000 people last month on International Anticorruption Day. Fears disappeared  when only   5,000 demonstrators showed up in Jakarta. A group of 50 threw stones at a KFC outlet in Makassar believing that the neolib corporation was involved in Bank Century. Why such a disappointing turnout? It was raining, the leaders later explained.

The political battle could become serious if a TV expose gathers momentum. The station presents a clinical overview of the tax fraud cases pending against the Bakrie Group. To make a long story short, it involves an amount which may well reach Rp 10 Trillion in tax and royalty debts and fines for tax evasion.  The Bakrie Group declines to comment so we do not know their side of the story. But if the allegations are true then the money is much greater than the alleged Bank Century bailout cost, which is clearly retrievable. So where are the criminals? In the Century Case, in the Bakrie Case, in both, or in none of the above? As the chorus lament in Sophocles' "Antigone": "Who is the slayer, who the victim? Speak. "

The public wants to know. Not because we want to choose one above the other, not for the sake of picking the winner. The public has no partisan agenda. Because it's not only about winning, it's about doing the right thing.

http://www.thejakartapost.com/news/2010/01/13/insight-the-century-and-bumi-cases-who-slayer-who-victim.html

Print article only

28 Comments:

  1. From benhan on 13 January 2010 09:58:36 WIB
    Great, Brave Article! How you could put Wenger and Gus Dur names in the same article just amused me :)
    With disputes regarding recent development of Century case and the tv media owned by tax evader looks like winning the mass opinions recent days, this article is just like a fresh breathe in polluted air.
    I'm on your side Sir, just as you on the side of Gus Dur and Wenger. The inclusion of these two greatest man I've ever known in my life just add the to your article.
    I BELIEVE in you and will invite as much as friends of mine to read this article. We need people movement now, to stand up for SMI & Boed, to stand up for the truth!
  2. From benhan on 13 January 2010 10:16:08 WIB
    btw, is this article confirmed printed on today Jakarta Post? I'm going to buy if it is.
  3. From rahadian on 13 January 2010 14:02:04 WIB
    Kereen pak! Menang saja tidak cukup... :D
  4. From Pemerhati on 13 January 2010 16:01:18 WIB
    Totaly agree..I verymuch like the phrase: it is not only about winning, it is about doing the right thing.

    Pak Wimar, jika melihat dan memperhatikan acara pemanggilan dua pejabat tinggi negara kita, Wapres Boediono dan Menkeu Sri Mulyani, ada hal yang mengusik hati. Sikap dan nada bicara dan cara berkomunikasi para anggota pansus kepada yang Boediono dan Sri Mulyani sepertinya tidak pas dan agak berlebihan. Bagaimanapun kedua orang tersebut adalah pejabat negara yang masik aktif sehingga harus dijaga juga kehormatannya, seperti juga Pak Boediono dan Ibu Sri Mulyani menghormati anggota dewan sebagai wakil rakyat. Namun yang terjadi adalah mereka (Boediono dan Sri mUlyani) nampaknya diperlakukan seperti pesakitan,.seperti terdakwa dalam pengadilan, bahkan lebih buruk.

    Atau itu mungkin hanya perasaan saya saja..Hanya berandai-andai, siapa yang bisa mengingatkan para anggota pansus itu ya?

    http://pemerhati.blog.com/
  5. From Henry Ezra Ong on 13 January 2010 16:12:54 WIB
    Bangsa ini sedang mengalami kemerosotan moral. Bangsa yang besar bukan hanya mengharagi pahlawannya, tapi juga menghormati para pemimpinnya. Wakil presiden dan menteri diperlakukan bak pesakitan, mahasiswa yang berteriak bagai tong kosong nyaring bunyinya, sambil tidak belajar. Hmmm, dari kampus mana mereka berasal? Dan ketua partai yang mengemplang pajak sangat besar, dan menyengsarakan rakyat Sidoarjo, mereka semua tidak memilik rasa malu lagi, rasa keadilan lagi, dan nalar sehat lagi.
  6. From Chemitz on 13 January 2010 18:01:44 WIB
    "misguided" students.
    I wow at your diction.
    That is so true Sir.
    And I'm tickled.:)
    I am a student also, by the way.
    I often ask my friends who regularly joined "aksi" and stuffs thoselike. What are their purposes? What are actually they yelling for? But none of them satisfy my curiosity. I believe, the students who are easily distracted and influenced by some particular hegemony and radical idealism, never achieved in class. They never come from the smarts. I wonder how come joining such political activity is an excuse and justification for their absence in several subject. (I hope somebody makes eligible survey about this) Because that's so irresponsibe and annoying (when it brings chaos to the traffic).
    Great writing anyway!
    Love it.
  7. From Khimmy on 13 January 2010 18:30:27 WIB
    "Hanya berandai-andai, siapa yang bisa mengingatkan para anggota pansus itu ya? "


    Kan ada Ruhut ?
  8. From Joe on 13 January 2010 20:41:55 WIB
    Nice articles, i suggest someone to translate this articles to indonesian, and spread this all over the internet.

    Coz still many people really lazy to read english written articles.
  9. From djaka on 13 January 2010 20:49:18 WIB
    Bedanya masa 2001 dan 2010 adalah di masa lalu Gus Dur sering mengeluarkan pernyataan kontroversial, akibatnya khalayak pun mendukung pemakzulan (saya termasuk yang setuju Gus Dur turun, mengaku nih). Pada tahun 2010, there is no major cause to support the so-called Century special commitee. Ke laut aja tuh orang2nya, bikin malu bangsa aja.
  10. From sen on 14 January 2010 07:52:43 WIB
    I don't think impeachment would happen this time. Gus Dur was popular but the problem was PDIP won majority of vote at that time. Many people didn't mind changing Gus Dur with Mega at that time.

    This time, it is unlikely that SBY would be impeached but not so sure if both Sri Mulyani or Boediono would survive.

    I think they should stay until 2014 and they have more support now from the people than Gus Dur at that time.

  11. From febs on 14 January 2010 13:22:35 WIB
    "an overnight leader in the promotion of pluralism", tanpa disadari rakyat indonesia Gus Dur melakukan revolusi dan dilakukan dgn sgt mulus dan dilakukan tanpa senjata tanpa ribuan tentara siap menghunuskan senjata spt th 1965, ........ ..... rruuuaaaaarrrrrr biasaaaaaa!!!!!
  12. From Felix on 14 January 2010 14:58:44 WIB
    Agree with Sen...

    Ketika Gus Dur hendak di lengser kan oleh Amien Rais, banyak yg menganggap memang sudah sepantas nya, karena memang yg layak jadi presiden hasil pilpres 1999 adalah Megawati dan bukan Gus Dur karena PDIP lah pemenang pemilu. Justru banyak yg kecewa ketika ibu Mega cuma jadi wapres dari hasil sidang umum 1999 yg tidak lain di karena kan oleh manuver Amien Rais dan poros tengah nya.
    Jadi jatuhnya Gus Dur di sebabkan secara tidak langsung "kesalahan" nya sendiri dalam membaca manuver nya poros tengah, tapi paling tidak seluruh episode pengangaktan Gus Dur dan jatuhnya yg semua nya di dalangi oleh Amien Rais ada hikmahnya juga, yaitu membuat kita sadar, what kind of snake Amien Rais really is...
  13. From wulan on 15 January 2010 00:51:14 WIB
    percuma pemerintah menggelontorkan anggaran pendidikan yang begitu besar kalau produknya cuma bisa unjuk rasa. bukan unjuk gigi.

    saya teringat seorang tentara yg bisa bilang sama saya \"mana tuh temen-temen kamu mahasiswa? kalau disuruh membela negara juga di garda depan pasti gak mau.\"
  14. From jaka on 15 January 2010 01:26:53 WIB
    Prens sadayana ...memang menyebalkan dan memalukan bila mengikuti informasi2 mengenai tingkah laku politisi2 Indonesia yg terlalu sering \\\'kerasukan roh ken arok\\\' itu alias doyan berkhianat terhadap sesamanya ,entah itu guru,teman seperjuangan maupun pemimpinnya sendiri dengan tujuan untuk meraih kekuasaaan semu dan sementara...

    Bertolak belakang dengan Gus Dur , beliau sesungguhnya dicintai orang banyak dengan memori yg berisikan hal2 yg baik tentang hasil \\\'pelayanan dan pengabdian\\\'nya terhadap bangsa Indonesia yg dicintainya...Coba prens bandingkan dengan profesor doktor amien rais ,memori apakah yg prens sadayana miliki tentang wan profesor doktor yg satu ini???

    Apalagi bila hasil karya Gus Dur dibandingkan dengan tingkah laku aburizal bakrie yg kita dengar selama ini...

    Mulai dari korban lumpur lapindo , rebutan tambang emas newmont,merengek minta bail out bumi resources di pasar saham sampai penggelapan uang pajak negara yg melibatkan duit lebih gede dari duit kasus bank century yg dibuat-buat itu ,sambil nekad akan mengorbankan pejabat bersih sekelas Sri Mulyani pula...

    Tapi ngomong2 ,Mengapa SBY dan tim tidak mem-blow up di media massa dan televisi mengenai penggelapan uang pajak negara yg dilakukan oleh kelompok usaha bakrie itu, ya ?

    Ada yg tau jawabannya,prens sadayana ?
  15. From wimar on 15 January 2010 05:40:30 WIB
    prens sadayana.. bagus sekali kalau @jaka pasang komentar diatsa di facebook, atau mengizinkan saya memasang atas nama beliau
  16. From Bibeh on 15 January 2010 16:06:20 WIB
    Jangan gitu dong Oom, air tuba dibalas air tuba. Xii..xii.

    Untuk penyelesaian masalah (terutama di Indonesia, maafkan kalimat ini), saya selalu berpegang pada: usahakan hindari penggunaan pihak ketiga. Mengapa demikian? ya, karena kalau dapat dipersulit mengapa dimudahkan. Mengapa demikian? ya, karena banyak pihak hidup / survive dari menyusahkan orang lain. Jangan tanya lagi mengapa.

    Bank Century:
    Sistemik atau tidak? Saya setuju: Tidak Sistemik (bila mampu melokalisir masalah hanya pada Century saja).

    Bail Out atau tidak? Saya setuju: Bail Out (terbatas pada Nasabah apakah itu simpanan atau deposito, apakah <2 M atau >2 M).

    Apakah dua hal di atas ada dasarnya (hukumnya / UU-nya, karena ini sangat penting bagi Anggota Dewan Terhormat, benar, saya tidak sinis)? Saya katakan: Ada.

    Apakah dua hal di atas ketika di declare akan melanggar (beberapa detail klausa) aturan? Saya katakan: Ada.

    Apakah dua hal di atas ketika di declare punya dampak negatif dan positif? Saya katakan: Dua-duanya.

    Banyakan mana? Positif donk, Indonesia growthnya bertahan: positif.

    Apakah dapat sekonyong-konyong dapat berubah negatif: dapat.

    Mengapa? Kalau 20% pemilik dana besar lagi iseng, ingin tahu seberapa kuat growth Indonesia.

    Seberapa iseng? saya tidak tahu, saya bukan pemilik dana besar itu.

    Mengapa iseng? Iseng koq ditanya. Melanggar hukum? Mungkin, pastinya kalau ada pasalnya, lebih ringanlah dari yang melarikan uang nasabah (nggak terbatas bank lho, \'kan banyak tuh penipuan ala investasi, kebun / arisan).

    Apa yang ingin saya sampaikan adalah: kepercayaan adalah masalah kualitatif. Statistik mencoba mengkuantitatifkannya. Apakah bisa error? Jelas. \'kan ada level errornya. Seperti Quick Count gitu deh.

    Apakah statistik dapat dimanipulasi / direkayasa (jangan berpikir negatif atau positif). Ya bisalah dan harus karena harus dikuantitatifkan / dijadikan angka.

    Sederhananya, bentuk linear secara garis besar akan sama dengan bentuk logaritma. Bedanya, ketika harus dilihat secara lebih zooming, maka linear akan sangat berbeda log. Skalanya beda.

    Jadi:
    Century, 632 M atau 6,7 T tidaklah material dibandingkan 1500 T atau 2000 T. 65 Ribu tidaklah material terhadap 50 Juta.

    Ini akan menjadi material ketika, 632 M atau 6,7 T men-trigger yang di 1500T atau 2000T (iseng atau tidak, moral hazard atau tidak). Atau diantara 65 Ribu itu mempengaruhi 250 Juta penduduk.

    Jangan tanya mengapa \"ada sesuatu yang besar dan berpengaruh di antara yang kecil-kecil\".

    Jangan tanya apakah ada pengkondisian / rekayasa penyebab atau skenario untuk melengkapkan variabel x, y, z agar outputnya terkondisikan / diarahkan ke A, B, C.

    Saya tidak tahu.

    Jadi kepiawaian/keprudenan leadershiplah dibutuhkan untuk menghadapi itu. As i told you, banyak cara untuk survive. Entah itu baik atau tidak di mata orang lain.

    Century, bail-out. Legally, hanya 2 M yang dijamin dari sebelumnya 100 Juta.

    Bagi sesama pihak yang beritikad baik, bahwa ada pihak lain yang \'menitipkan\' uang tanpa perjanjian berbelit-belit, serupiah pun itu adalah amanah kepercayaan.

    Bahwa bersandar pada legally stated (yang officially dibuat oleh pihak ketiga), yang diharapkan menaungi kepercayaan sesama pihak 1 dan 2, saya hanya dapat berkata:
    Bodohlah saya, mentautkan pada kepercayaan pada pihak kedua, namun keputusan pihak ketiga malah merugikan saya.

    Akan lebih baik saya langsung membuat perjanjian (tidak hanya atas dasar kepercayaan saja) dengan pihak ketiga saja.

    Saya hanya mau menitip pertanyaan:
    untuk apa yang kecil dibiarkan hidup ketika ada yang besar-besar. (too big to be fail mungkin lebih kecil risiko krisisnya daripada bila satu atau lima yang kecil sekaligus fail).

    usul saya: sebaiknya dinyatakan saja menabung adalah strickly berinvestasi, makanya pelajari aturan dan \"perjanjiannya\" (jangan lupa untuk memecah tabungan anda sesuai aturan). Ribet sedikit, selamat sampai tujuan.


    Bumi:
    Secara umum (bukan Bumi saja) sebagai saham bagi pemilik dana dapat berarti investasi dan investasi. Ya, sama saja, ada hak pihak ketiga yang dapat mempengaruhi pihak satu dan kedua. Secara umum diamati, pihak kedua lebih mempengaruhi. Tingkat \'keisengan\' pelakunya juga lebih volatil.

    Katanya saham hanya bagi yang sophisticated dan well informed saja. It could be very dangerous.

    Lagian juga jumlah pelaku bursa sedikit, ndak sampai 500Ribu.

    Bahwa di antara yang 500Ribu itu dapat mempengaruhi 250 Juta penduduk, nah mungkin ini kita sebut sistemik saja. Xi..xii.

    Nah apakah ada variabel x, y, z yang dikondisikan agar output A, B, C terjadi? Saya tidak tahu.

    Pajak? Seharusnya Menkeu sebagai bendahara negara lebih tahu. Dirjen Pajak jangan lupa kasih laporan berkala, jangan sampai dianggap tidak menjalankan peraturan UU.

    Yang pasti Pajak: hubungannya lebih ke Pribadi / Entitas dan Negara.

    Secara tidak langsung memang menyangkut hajat hidup orang banyak. Karena Negara dibiayai oleh Pajak. Tetapi dengan aturan Negara BERHAK mengenakan Pajak. Jadi sangat tergantung ke Negara yang diawasi Dewan Terhormat dalam menyatakan posisinya dalam hal ini. Kurang Bayar, Lebih Bayar atau apalah.

    Saya punya kewajiban pajak dan punya hak atas pajak yang ditarik negara (secara tidak langsung, karena selama ini belum pernah merasakan negara mengirim cek atas keuntungan pajak yang diterima, semacam dapat dividen gitu, xi..xi...).

    Secara umum karena tidak tersangkut langsung, dengan beritikad baik dan tidak survive dengan cara menyusahkan orang, umumnya saya akan membiarkan itu menjadi Negara vs Pribadi dan Entitas saja.

    Yang saya tahu ada Tax Evasion, Tax Eviction, Tax Shield, Tax Saving dan Tax Holiday serta Tax Amnesty.

    Tax Fraud? Fraud apapun itu adalah kejahatan. Fraud=Penipuan bukan.

    Bagi saya, kalau ada yang dirugikan, ya bayar saja. Kalau dapat, saya argumen, kalau nggak, ya wis lah. Habis perkara.

    Rejeki mah datang dari mana sajalah, kalau Tuhan berkenan. Mungkin Tuhan sudah menilai pahala mereka lebih besar dari saya, jadinya saya patut rugi.

    Awak media? Seharusnya Oom WW yang pakar Media lebih tahu.
  17. From Chika Putri on 15 January 2010 18:35:00 WIB
    Bank Century (dan Bank-Bank "serep/cadangan" lainnya) sepertinya dari awalnya sudah diskenariokan untuk di-"Bail Out"-kan sejak proses merger/akuisisi semula (Danpac, CIC, Piko, dsb), hingga menunggu di-execute pada saat-saat yang tepat (misalnya: ketika Presiden sedang berada cukup lama di luar negri).

    Perubahan anggaran biaya pemulihan krisis dari 632M menjadi 6,7T sungguh patut dipertanyakan. Untuk rincian biaya apa saja? Siapa saja yang menjadi makelar di dalam kasus century ini? (Selain BI, KK, LPS, KSSK, dsb)

    Tentang Bumi-nya Bakrie yang ngemplang pajak sekitar 6T itu (atau jauh lebih besar daripada itu), saya ehem2 (= maklum) aja.

    Salam,
    http://astagacom-lifestyle-on-the-net.blogspot.com/
  18. From Kardjo on 15 January 2010 18:56:35 WIB
    Lebih dulu mana.. keputusan menimbulkan massalah, ataukah karena masalah maka diambil keputusan..???

    saya melihatnya ada ketidaksinambungan point-of-view, antara Pansus dan Eksekutif.
    Jika Pansus, berkutat pada keputusan Bailout menimbulkan masalah... di lain pihak Eksekutif (BI, KSSK, dsb) berkutat di adanya masalah ancaman krisis maka perlu dirumuskan keputusan Bailout...

    Jadi yo gak nyambung... (cmiiw) Yang satu mempertanyakan telor.. yg satu membahas ayam.... sama-sama protein.

    *ngopi sambil makan pisang goreng*
  19. From Arie on 15 January 2010 19:56:31 WIB
    and most importantly doing the right things right.
  20. From Muhamim on 16 January 2010 04:44:15 WIB
    I agree fully with Mr Benhan
    GUs Dur and Arsene, both are greatest in their fields.

    As to perkembangan Pansus DPR re Bank Century.
    Sekarang sudah habis peranannya. Bohongnya sudah terbukti, dimulai antara lain yang ditontonkan oleh Bambang Sat, dan killed dengan kesaksian Sri Mulyani yang hebat sekali.

    Tapi,..... mereka barangkali sudah committed bahwa heads harus roll. Jelas bukan SMI's atau Boediono's head.
    Mereka coba dengan SBY, at least beberapa anggota. Saya kira partai Golkar tidak akan berani. Masa sih si penyemplang pajak akan berani.

    ARB memang berperab sebagai dalang Pansus ini (siapa tahu juga pendananya ?). Mana bisa dia jadi ketua tanpa dukungan SBY.

    Memang lebih tepat dia (ARB) sebagai ketua daripada yang lain: partai Golkar akan lebih cepat hancurnya.
  21. From wimar on 16 January 2010 06:11:54 WIB
    komentar2 diatas memperkuat artikel ini, terima kasih. Dan komentar Muhamim seluruh cerita dengan rtapih
  22. From wulan on 16 January 2010 11:22:25 WIB
    om wimar, kenapa di era ketika kebebasan diberikan, kualitas aspirasi mahasiswa indonesia justru semakin tumpul dan dangkal? disampaikan dengan cara yang dangkal.destruktif. dan memalukan. kami di luar negeri sangat sakit hati mendengar setiap berita yang mahasiswa-mahasiswa yg terprovokasi lakukan pada negeri kita. padahal kami sangat berharap pada mereka sebagai generasi yang harusnya punya pikiran jernih untuk negeri kita. aku rasa itu topik yg tidak bisa disepelekan meskipun tidak semua mahasiswa begitu. karena aku yakin masih banyak pihak yang ingin memelihara kondisi ini demi keuntungan pribadi.
  23. From paul on 17 January 2010 10:13:01 WIB
    Nice article sir,

    I think human is the cause and get effect too sir.
    Human developing without see nature condition.

  24. From ari berbagi on 17 January 2010 12:14:05 WIB
    wah nampaknya semakin panas aja nich masalah century. Tapi menurut saya kebenaran memang mengandung sebuah resiko, dan resiko itu akan dijadikan boomerang oleh musuh dibalik niat baik kita
  25. From Mohamim on 18 January 2010 06:09:35 WIB
    Terima kasih, Om WW
    Sata hanya coba berpikir logis
  26. From otto nasri on 18 January 2010 14:46:28 WIB
    Dear MAs WW, untuk Bibeh, mungkin sekedar Koreksi kalau yang di tabayar hanya yang 2 M kebawah itu namanya Bank nya di Lkuidasi dan LPS akan membayar penabung dengan nilai maksimal 2 M saja. Kalau Bailout uang nya nggak hilang soalnya Bank nya masih Hidup trus terus berjalan secara sehat jadi nggak perlu ada yang dikeluarkan kecuali nasabah menarik dananya dari Bank Centuri.

    Dalam Pansus sebenar nya ada pernyataan JK atas jawaban pertanyaan dari Benny K Harman yang menanyakan Siapakah menurut Bapak yang memiliki weweang untuk menentukan sebuah Bank berdampak sistemik atau Tidak, Jawab dari JK saat itu adalah KETUA KSSK ( SRI MULYANI ), tetapi anehnya menurut saya tidak ada satupun TV atau Host TV yang membahas jawaban JK ini .

    Tolong Pak WW kalau anda punya akses rekaman Pansus JK pada saat ditanya Benny k Harman di perdengarkan kembali.

    Agar masyarakat jelas dan yang tidak punya wewenang tidak usah ngomong, karena kalau cuma Jadi Komentator Anak kecil saja bisa.

    Salam
  27. From Sunu Gunarto on 18 January 2010 20:45:02 WIB
    Bang @Otto, itulah keberpihakan tv. Kalau ada pertanyaan/pernyataan yang sekiranya memojokkan pk Boed/ibu SMI berita itu di-ulang2. Namun kalau sebaliknya, hem..... dia akan bungkam, seolah berita yang berpihak kepada kedua pejabat itu tidak ada. Selama ini koq belum ada wawancara dengan pelaku bisnis yang sutuju dengan bailout BC.
    (Tentu itu wajar saja, karena tv itu milik siapa, dari partai apa pemiliknya sehingga bila ada suara yang merugikan kepentingannya akan di \"cut\"........)

    (http://formulabisnis.com/?id=sunu_g)
  28. From BaNi MusTajaB on 11 February 2010 17:44:18 WIB
    great article...i agree with you.

Add Your Comment

Comments with fake names or email may be rejected.

Real Name:

Real Email: (will not be shown)

Message: (stay on topic)

Sorry, No HTML

Important! Please type Security Image here:

« Home