Articles

  • Tidak banyak orang bahkan berani bermimpi untuk mengajak President #blusukanasap. Abdul Manan mewujudkan mimpinya yang sangat sederhana melalui petisi 28 Oktober change.org/blusukanasap dan selembar surat meminta Pak Jokowi blusukan ke tempatnya, langsung melihat langsung akar permasalahan kebakaran Hutan dan Gambut selama 17 tahun yang tidak terselesaikan. 

    Read ›
  • ASEAN Disability Forum (ADF), yang mulai berlaku pada 2015, akan menyelenggarakan konferensi ke-4 di Myanmar pada 16-18 Desember 2014. Hasil konferensi tersebut diharapkan adanya tindak lanjut terhadap mekanisme perbankan di kawasan ASEAN yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

    Read ›
  • "Saya adalah satu-satunya yang mempunyai masalah dengan asap diantara keluarga saya yaitu alergi terhadap asap. Tapi mau gimana lagi, kami tidak mau pindah karena kami Cinta Riau". Begitulah yang diungkapkan oleh Rahmi menunjukkan kecintaannya terhadap Riau. Walaupun dia mempunyai alergi terhadap asap, tapi dia memilih tetap bertahan di ruang yang penuh asap itu.

    Read ›
  • Khalisa Khalid (WALHI) berpendapat bahwa blusukan ke hutan dapat menjadi momen penting dalam menyelesaikan masalah kebakaran hutan yang masih terus terjadi hingga saat ini. “Blusukan menjadi penting bagi Jokowi untuk mengerti permasalahan yang nyata di lapangan. Jokowi dan Ibu Siti Nurbaya memiliki tugas besar untuk memutus tali mafia sumber daya alam,” Khalisa Khalid menambahkan.

    Read ›
  • TVRI LIVE bersama Wimar Witoelar (W) dari Yayasan Perspektif Baru, Longgena Ginting (L) - Direktur Greenpeace Indonesia, dan Khalisa Khalid (K) - Koordinator Divisi Kampanye dan Perluasan WALHI.

    Read ›
  • Blusukan kelokasi kebakaran gambut dan hutan harus menjadi agenda utama dan prioritas bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal pemerintahannya. Hal ini dikarenakan kebakaran hutan dan lahan gambut di Indonesia sudah terjadi selama 17 tahun terus menerus dan tak kunjung terselesaikan secara tuntas kendati telah beberapa kali berganti presiden.

    Read ›
  • "Masyarakat adat di negeri ini dianggap sudah mati. Hukum di negeri ini bilang tanah, hutan, laut dan seluruh sumber daya alam semua milik negara," kata Pieter Yanuaring di Jayapura, Jumat (24/10).

    Read ›
  • "Hak masyarakat hukum adat diakui sebagai hak ulayat yang pengertiannya sama dengan hak menguasai, bukan memiliki," kata Zadrak Wamebu.

    Read ›
  • "Tanggal 24 Oktober tahun lalu, Bupati Jayapura memberi pengakuan dan perlindungan terhadap hak masyarakat adat," ujar Yosafat Merabano, pengurus Wilayah Asosiasi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Jayapura, Rabu (23/10).

    Read ›
  • Popularitas Prabowo di mata rakyat sendiri sudah turun pasca Pemilihan Presiden dan keputusan Mahkamah Konstitusi. Ada kemungkinan Koalisi Merah Putih yang didalamnya terdapat Abu Rizal Bakrie dan Surya Dharma Ali pun dalam waktu kedepan akan bubar meski tidak diumumkan langsung. Namun pelan-pelan orang akan menarik diri dari koalisi. “Karena suatu koalisi yang dibangun atas dasar kebencian tidak mungkin akan bertahan lama”, ucap Wimar.

    Read ›
  • 'Dayak and Drones' communicates first-hand the unique personal stories of an inconspicuous yet vital people, as they battle to protect their lives, their cultures and our forests. Protecting our planet is not only about politics and policies, it's about people taking ownership and taking action, no matter how small. If Not Us, Then Who?

    Read ›
  • Sembilan kementrian mendeklarasikan komitmen pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat dengan skema REDD+.

    Read ›
  • tadinya hutan, dirubah menjadi kebun, kemudian jadi gedung. Hutan pohon berubah menjadi Hutan Beton’

    Diakui bahwa banyak orang lebih menyukai adanya gedung megah, pusat perbelanjaan modern, kantor-kantor besar, atau apartement dibandingkan hutan. Tetapi perlu ditanamkan dalam pikiran bahwa planet Bumi kita ini lebih sayang terhadap hutan.

    Read ›
  • Kebakaran hutan dan kekeringan terjadi kembali sejak pemerintah memberikan izin konsesi kepada perusahaan atau pengusaha untuk mengelola tanaman sagu. Dan kesalahan terbesar yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola tanaman sagu ialah merubah tanah gambut menjadi kanal. Hal itu kemudian menjadi penyebab utama dari berkurangnya jumlah air di tanah gambut sehingga rentan terhadap kebakaran.

    Read ›
  • Pasangan Jokowi-JK dinilai sebagai pasangan yang mengusung program-program yang membela hak-hak masyarakat adat. Jokowi-JK berjanji untuk membentuk komisi independen dan permanen untuk menjalankan keputusan MK 35.

    Read ›
  • Jokowi berceritera: "17 Agustusan kemarin, maunya lomba krupuk.  Tapi tidak diizinkan security. Mau panjat pinang, takut ngga bisa.  Jadinya ikut main karung. Lompat-lompat hampir jatuh, akhirnya kalah. Dari 10 peserta, saya nomor 10. Tapi nggak apa2, masyarakat gembira, saya gembira. Tidak perlu protes Panitia.”

    Read ›
  • Dampak dari El Nino yang mulai terjadi sejak Januari lalu mengakibatkan naiknya suhu rata-rata di Sumsel. Akibatnya terjadi pergeseran waktu panen tanaman pangan.

    Read ›
  • Sekumpulan orang-orang dari berbagai macam kalangan yang independen alias tidak berpartai namun mereka memberikan dukungannya untuk salah satu kandidat calon presiden yaitu Jokowi. Dari Mei 2014, bersamaan dengan hari kebangkitan Nasional, mendeklarasikan dan berkomitmen, mendukung Jokowi, menjadi pemimpin Indonesia.

    Read ›
  • Para pekerja kreatif yang selalu dianggap kurang melek politik, hari selasa kemarin menjadi pembuktian lain bahwa mereka juga menampilkan diri di depan umum dan memamerkan karya-karya kreatifnya dalam bentuk dukungan dan kampanye. Mereka mendeklarasikan diri sebagai Generasi Optimis Indonesia dengan melakukan Kampanye Kreatif untuk Jokowi-JK.

    Read ›
  • Banyak aktivis sadar, percuma berbuat baik dalam wadah LSM kalau lingkungan politik nasional tetap tidak sehat. Mengapa kekuatan LSM itu tidak juga dipakai untuk menyehatkan lingkungan politik? Dengan demikian akan terbuka masa depan baru bagi Indonesia. LSM seperti AMAN, WALHI, dan ICW sudah mulai mengizinkan atau menganjurkan anggotanya untuk tampil sebagai calon legislatif di beberapa daerah, dan kelihatannya ada hasilnya.

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›