Articles

  • Dwi kewarganegaraan (DK) akhir-akhir ini menjadi topik hangat di Tanah Air. Seiring dengan derasnya arus globalisiasi, pasar bebas, serta migrasi internasional, baik-buruk serta tepat-tidaknya memberlakukan DK adalah suatu wacana yang harus dikaji oleh (hampir) semua negara. Tak terkecuali Indonesia. 

    Read ›
  • “Senang sekali bertemu anda on this very spicy day,” sapa WImar dari kamar tidurnya ke para pendengar setia Weker Wimar pada Selasa, 2 Agustus 2016. Tema Weker Wimar pagi itu adalah rempah-rempah (spices). Kenapa rempah-rempah? Menurut Wimar, rempahlah yang membuat Indonesia pada masa lalu masuk dalam peta dunia.


    Indonesia dulu dikenal sebagai spice islands. Wimar mengingat masa kecilnya ketika bersekolah di Eropa ia pernah ditanya dari mana asalnya. Lalu ketika menjawab ia dari Indonesia, orang yang bertanya menanggapi, “Oh, the spice islands!”

     

     

    Read ›
  • Kalau kamu gak tahu bisa tanya di Weker Wimar," ujar Wimar Witoelar membuka talk show radionya pagi itu dari kamar tidurnya, Selasa 21 Juli 2016.

    Biasanya Wimar memulai acara radionya dengan menceritakan berita-berita menarik seputar manca negara yang ia dengar. Namun pagi itu berbeda karena Wimar bersedih akibat ada lagi aksi teror yang kali ini dialami Jerman. Ironis memang. Kalau dahulu turis Eropa pergi ke Indonesia bertanya-tanya dahulu apakah aman berkunjung, sekarang kita orang Indonesia yang perlu bertanya-tanya jika akan mengunjungi Eropa.

     

    Read ›
  • Dalam rangka memperingati HUT ke-238 Museum Nasional, Yayasan Belantara Budaya Indonesia mengajak 1000 penari dan tokoh masyarakat untuk menari tarian pendet bersama.

    Read ›
  • Oleh: Mahisa Dwi Prastowo

    Menurut Wimar Witoelar, perkembangan intoleransi di Indonesia berjalan bersamaan dengan tumbuhnya toleransi. Situasinya kira-kira sama seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Ketika pemenuhan dan perlindungan hak-hak sipil berkembang sangat baik di Amerika, di saat yang sama ada fenomena Donald Trump yang merupakan calon presiden yang mengusung nilai-nilai intoleransi. “Jadi Amerika Serikat memiliki peningkatan toleransi dan intoleransi yang berjalan bersama. Itu juga yang terjadi di Indonesia,” ujarnya dalam diskusi di kantor Wahid Institute.

     

    Read ›
  • Memperkuat akses Perempuan atas Sumber Daya Alam

    Read ›
  • Rasanya belum ada program radio dimanapun yang bersiaran dari kamar pribadi seorang tokoh terkemuka. Tapi, program Weker Wimar dibawakan oleh bekas Kepala Juru Bicara Kepresidenan era Gus Dur, dan ahli komunikasi, Wimar Witoelar, LIVE dari  kamar pribadinya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

    Read ›
  • Harianjogja.com, SOLO — Saat ini di beberapa bagian dunia sedang mengalami teror. Teror seperti penyakit kanker. Teroris bisa masuk secara random dan kita tidak bisa menjamin kita bisa menangkal penyakit itu.

    Read ›
  • Oleh: Mahisa Dwi Prastowo

    Indonesia adalah harapan penyelamatan dunia dari perubahan iklim. Bersama dengan
    Brazil dan Kongo, Indonesia memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia dengan keanekaragaman hayatinya dan menyimpan banyak karbon. Kalau hutan hujan tropis ditebang maka kerugian karbonnya lebih tinggi. Boleh dibilang nyawa di planet ini berada di hutan hujan tropis yang ada di Brazil, Kongo dan Indonesia. Namun hanya
    Indonesia dari tiga negara tersebut yang memiliki kestabilan politik.

    Read ›
  • Seri mitologi terbaru dari Rick Riordan kali ini mengangkat Nordik, legenda orang-orang Skandinavia.

    Menceritakan Magnus Chase (sepupu Annabeth Chase) yang terjebak dalam konflik antar dewa-dewi

    Nordik. Magnus yang seorang gelandangan di kota Boston ditakdirkan akan mati pada hari ulang

    tahunnya yang ke-16. Ternyata kematian Magnus ini bukan akhir dari segalanya, tetapi justru awal dari

    petualangannya mengarungi Sembilan Dunia yang terpaut pada Yggdrasil demi menyongsong Ragnarok.

    Seperti dalam 3 serial novel mitologi sebelumnya (Yunani, Romawi, Mesir), Riordan menggunakan tema

    besar yang sama yaitu Hari Kiamat, sehingga berdampak pada alur cerita dengan tenggat waktu yang

    sangat sempit (rata-rata 1 minggu untuk satu buku).

    Read ›
  • Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) merupakan organisasi masyarakat sipil yang bergerak pada bidang kesehatan dan kelestarian lingkungan. Klinik ASRI yang terletak di Desa Sukadana,  Kayong Utara, Kalimantan Barat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai (menggunakan hasil kerajinan, pangan, bibit tumbuhan, dsb). Beberpa program lainnya dapat dilihat dalam video ini.
    Video ini merupakan hasil kerjasama Yayasan Perspektif Baru (YPB) dengan ASRI pada Januari 2016 lalu.
    Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) merupakan organisasi masyarakat sipil yang bergerak pada bidang kesehatan dan kelestarian lingkungan. Klinik ASRI yang terletak di Desa Sukadana,  Kayong Utara, Kalimantan Barat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar dengan sistem pembayaran tunai dan non tunai (menggunakan hasil kerajinan, pangan, bibit tumbuhan, dsb). Beberpa program lainnya dapat dilihat dalam video ini.
    Video ini merupakan hasil kerjasama Yayasan Perspektif Baru (YPB) dengan ASRI pada Januari 2016 lalu.
    Read ›
  • “Rancangan Undang-Undang ini sebenarnya hutang konstitusional Republik Indonesia kepada masyarakat adat. Tujuh puluh tahun tidak pernah dibayar lunas. Dibayar dengan dicicil-cicil dengan Undang-Undang sektoral,” demikian diungkapkan dengan semangat oleh Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Abdon Nababan pada Media Briefing AMAN bertema, “Ada Apa dengan RUU Masyarakat Adat” di Jakarta, Rabu (27/1).

    Read ›
  • Oleh : Panji Kharisma Jaya

    Memasuki tahun baru 2016, banyak hal-hal baru yang patut untuk dicoba dan dilakukan. Beberapa orang telah mulai menyusun dan melaksanakan resolusi tahun baru untuk mencapai tujuan masing-masing di tahun ini. Tidak sedikit yang membuat resolusi untuk membentuk tubuh kekar, menabung, hingga menikah di tahun 2016. Namun, seberapa banyak yang beresolusi untuk mencoba teknologi terbaru?

    Awal tahun identik dengan kemunculan berbagai macam tren seperti model rambut, fashion, hingga tren fotografi. Namun, tidak sedikit pula tren teknologi yang muncul pada awal tahun. Dan tahun ini, teknologi VR (Virtual Reality/Realitas Visual) diprediksi akan menjadi tren.

    Read ›
  • “Indonesia tidak perlu dibela, mereka masyarakat internasional menghormati banyaknya capaian-capaian yang telah ditunjukkan,” ujar WW. Joko Widodo juga menerima apresiasi dari masyarakat internasional karena meskipun baru satu tahun menjabat, ia sudah bisa menjalin kerja sama yang baik dengan melibatkan para akademisi dan gerakan-gerakan masyarakat sipil.

    Read ›
  • SIDANG COP 21 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) berjalan lambat. Pasalnya, delegasi-delegasi yang mewakili tiap negara masih mementingkan bisnis, bukan penyelamatan lingkungan.

    "Indonesia akan marah apabila hingga 7 Desember tidak ada kemajuan dalam sidang tersebut. Para delegasi tidak menyampaikan apa yang diinginkan pemerintahan mereka," kata Utusan Khusus Presiden untuk Perubahan Iklim Rachmat Witoelar, di Paris, kemarin.

    Read ›
  • PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia menghadapi dua isu besar dalam COP 21 pada kerangka konvensi perubahan iklim PBB (UNFCCC) di Paris. Kedua isu itu yakni kebakaran lahan gambut dan hutan, serta rencana dibangunnya pembangkit listrik berbasis batubara di Indonesia.

    Read ›
  • Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan memperjuangkan pengelolaan hutan sebagai aset produktif bangsa tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan dalam Conference of the Parties to The United Nations Frame on Climate Change (COP 21/CMP11) di Paris, 30 November-11 Desember 2015.

    Read ›
  • PARIS, KOMPAS.com - Toleransi maksimal kenaikan dua derajat maksimum suhu bumi dalam KTT perubahan iklim, UNFCCC, Paris, Prancis sulit terpenuhi. Hal itu diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di sela-sela COP 21 Paris, Rabu (2/12/2015) waktu setempat.

    Read ›
  • Salah satu sesi pentong di Pavilion Indonesia Paris COP membahas tentang  tantangan, strategi dan pembelajaran untuk pengelolaan SDA dan pembangunan hijau di Provinsi Kaltim.  Pembahasa  mengarah pada  perlunya mendorong green growth melalui dukungan sumber finansial, insentif untuk pengurangan emisi dan perlindungan hutan, peningkatan kapasitas SDM.

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›