Articles

  • Eksekusi Mati harus tetap dilakukan demi menegakkan norma hukum yang berlaku, meskipun saya pribadi tidak setuju dengan hal tersebut. Menjadi presiden bukan perkara mudah, karena harus melihat masalah dari sudut pandang yang luas. Jika hukum berkata “Ya” untuk eksekusi mati, maka kita harus mematuhinya. Jika memang benar-benar tidak setuju, maka yang harus dilakukan adalah mengubah hukumnya terlebih dahulu. Kebijakan domestik kita bukan untuk menyenangkan dunia internasional. Hukum itu berlandaskan prinsip.

    Read ›
  • Konferensi Asia Afrika tahun ini masih bersifat penting. Penting dalam arti memperingati peristiwa yang sangat signifikan dan bisa menjadi peluncuran periode baru solidaritas antara Asia-Afrika, tapi pada saat ini masih hanya masalah nostalgia.

    Read ›
  • Moratorium pemberian ijin baru dan penyempurnaan tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut harus dilanjutkan dengan beberapa perbaikan. Salah satunya memperkuat basis hukum dari semula hanya instruksi presiden menjadi setidaknya dalam bentuk peraturan presiden (Perpres) supaya mengikat bagi para aparatur pemerintahan di bawahnya.

     

    Hal tersebut dibahas dalam Talkshow TVRI Cemerlang bertemakan “Melanjutkan Moratorium untuk Melindungi Hutan Indonesia” di Pekanbaru (4/5). Hadir sebagai narasumber di acara tersebut Riko Kurniawan, Direktur Eksekutif Walhi Riau, Muslim Rasyid, Aktivis Jikalahari, Suhardiman Amby, Ketua Pansus Perijinan DPRD Riau. 

    Read ›
  • Pemberian Munir sebagai nama jalan tidak dimaksudkan sebagai pengingat ke pemerintah Indonesia, ini merupakan penghargaan internasional.

    Read ›
  • Presiden harus berani ambil resiko dengan melepaskan diri dari dua partai tersebut dan membangun dukungan baru dari masyarakat umum dan orang-orang parpol yang sekarang mendukung Jokowi. Tidak usah memikirkan partai dulu karena pemilu masih lama, tetapi pikirkanlah suatu basis kekuatan baru untuk tahun 2019 dengan maju sebagai partai baru. Banyak kok, partai Golkar, unsur masyarakat sipil termasuk menteri-menteri anggota kabinet, Di Nasdem banyak orang baik, ada Taufik Basari, Siti Nurbaya. Sekarang di Golkar banyak yang baik, yang menyingkirkan Aburizal Bakrie. Unsur-unsur baik di Indonesia itu banyak, hanya belum terorganisir. Nah bangunlah politik baru dengan orang-orang yang diluar struktur politik.

    Read ›
  • Seminar awal tahun dengan tema “Mewujudkan Hutan Indonesia Memasuki Musim Semi” pada tanggal 22 Januari 2015 ini menghadirkan special keynote speaker yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Sambutannya mengutip bagaimana kondisi hutan yang dilihat langsung selama 100 hari kunjungan kerja menteri, diantaranya di Kalbar, Riau, dan Sumsel. Diuraikan masalah-masalah seperti kebakaran hutan dan lahan gambut, illegal logging, serta pencemaran lingkungan seperti limbah dan pembuangan sampah.

    Read ›
  • Wimar Witoelar is viewpoint analyst on 'Today’s Indonesia', a program on The Indonesia Channel. It started in June 2014, and for you who missed this program, you can watch on your gadget now. YouTube makes it easy for you to find any activity and perspective of Wimar Witoelar. Below are the YouTube's link

    Read ›
  • Blusukan Asap di Riau memberikan inspirasi langsung pada semua penggiat penyelamatan huitan di Indonesia. Dalam Focus Group Discussion (FGD) antara penggiat lembaga swadaya masyarakat dan wartawan di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) pada awal Desember 2014, kedua pilar kekuatan masyarakat sipil tadi yakin pemenuhan komitmen Presiden Jokowi memberikan dampak besar bagi sektor kehutanan maupun kehidupan masyarakat adat dan lokal seperti di Kalbar.

    Read ›
  • Film dokumenter berjudul “Tanah Mama” mengisahkan kehidupan seorang istri sekaligus ibu bernama Halosina yang hidup di tanah Papua. Ibu dengan 4 orang anak-anak yang masih kecil dan membutuhkan asi itu berprofesi sebagai dukun beranak pada suatu desa, di pegunungan Yahukimo.

    Read ›
  • Itu adalah grasi pertama yang diberikan Presiden Jokowi kepada aktivis. Jokowi memberikan grasi kepada Eva bersamaan memperingati Hari HAM Internasional. Presiden melihat Eva sebagai pejuang HAM dikriminalisasi oleh pemilik modal, oleh pemilik kebun sawit di Sulawesi Tengah (Sulteng) beserta aparaturnya.

    Read ›
  • Pemerintah saat ini bukan seperti pemerintah sebelumnya, Presiden Jokowi dengan semboyan kerja, kerja, kerja menunjukkan gairah perbaikan Indonesia salah satunya Hutan dan lingkungan di Indonesia. Untuk itu, pakailah suara kita dengan sebaiknya karena hak suara kita didengar oleh pemerintah.

    Read ›
  •  

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan satu langkah konkrit untuk menyelesaikan permasalahan kebakaran lahan gambut dan hutan dalam Blusukan Asap ke Riau. Jokowi berkomitmen untuk melanjutkan moratorium yang penting untuk memperbaiki praktik tata kelola hutan dan perlindungan terhadap masyarakat di dalam dan sekitar hutan.

     

     

    Read ›
  • Tidak banyak orang bahkan berani bermimpi untuk mengajak President #blusukanasap. Abdul Manan mewujudkan mimpinya yang sangat sederhana melalui petisi 28 Oktober change.org/blusukanasap dan selembar surat meminta Pak Jokowi blusukan ke tempatnya, langsung melihat langsung akar permasalahan kebakaran Hutan dan Gambut selama 17 tahun yang tidak terselesaikan. 

    Read ›
  • ASEAN Disability Forum (ADF), yang mulai berlaku pada 2015, akan menyelenggarakan konferensi ke-4 di Myanmar pada 16-18 Desember 2014. Hasil konferensi tersebut diharapkan adanya tindak lanjut terhadap mekanisme perbankan di kawasan ASEAN yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

    Read ›
  • "Saya adalah satu-satunya yang mempunyai masalah dengan asap diantara keluarga saya yaitu alergi terhadap asap. Tapi mau gimana lagi, kami tidak mau pindah karena kami Cinta Riau". Begitulah yang diungkapkan oleh Rahmi menunjukkan kecintaannya terhadap Riau. Walaupun dia mempunyai alergi terhadap asap, tapi dia memilih tetap bertahan di ruang yang penuh asap itu.

    Read ›
  • Khalisa Khalid (WALHI) berpendapat bahwa blusukan ke hutan dapat menjadi momen penting dalam menyelesaikan masalah kebakaran hutan yang masih terus terjadi hingga saat ini. “Blusukan menjadi penting bagi Jokowi untuk mengerti permasalahan yang nyata di lapangan. Jokowi dan Ibu Siti Nurbaya memiliki tugas besar untuk memutus tali mafia sumber daya alam,” Khalisa Khalid menambahkan.

    Read ›
  • TVRI LIVE bersama Wimar Witoelar (W) dari Yayasan Perspektif Baru, Longgena Ginting (L) - Direktur Greenpeace Indonesia, dan Khalisa Khalid (K) - Koordinator Divisi Kampanye dan Perluasan WALHI.

    Read ›
  • Blusukan kelokasi kebakaran gambut dan hutan harus menjadi agenda utama dan prioritas bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal pemerintahannya. Hal ini dikarenakan kebakaran hutan dan lahan gambut di Indonesia sudah terjadi selama 17 tahun terus menerus dan tak kunjung terselesaikan secara tuntas kendati telah beberapa kali berganti presiden.

    Read ›
  • "Masyarakat adat di negeri ini dianggap sudah mati. Hukum di negeri ini bilang tanah, hutan, laut dan seluruh sumber daya alam semua milik negara," kata Pieter Yanuaring di Jayapura, Jumat (24/10).

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›