Articles

Wimar dan Budi Putra bicara soal Demam Nge-Blog di Metro TV

Perspektif Online
22 September 2006

Wimar bakal diundang Metro TV lagi, kali ini bukan soal pemerintahan Gus Dur atau soal Hell, Yeah! tapi soal Demam Nge-Blog. Pembicara satu lagi adalah Budi Putra, wartawan IT dari Tempo yang punya blog di mana-mana, tapi paling penting sih tulisan dia mengenai 10 Blog Pilihan hehehe..

Acara akan dipandu oleh Meutia Hafid, maupun menurut website Metro TV biasanya dipandu oleh Roy Suryo. Sebenarnya siapa, lihat saja sendiri besok siang (Sabtu, 23 Sep jam 14.30) karena biasanya ada kejadian lucu. Siapa tahu ternyata Rizal Mallarangeng, atau lebih parah lagi ada kejadian muka vampir / muka bodoh.

Sekarang jawab ini dulu.. apa sih yang bikin kita demam nge-blog? Why do we blog? Apanya yang seru? Sharing di sini, dan siapa tahu besok bakal disebut di TV...

Update 23 Sep 16.00:

Blog: Garda Depan dari Citizen Journalism

Oleh Clara Lila

E-lifestyle kali ini membahas soal blog, guna dan manfaat blog serta efektifitas blog dalam mengkomunikasikan pikiran2 para blogger terhadap pembacanya. E-lifestyle kali ini kembali dipandu oleh Roy Suryo, pengamat IT yang hingga kini masih banyak diragukan ke-IT-an nya karena ketidakfriendsteran dan ketidakprobloggeran-nya. Namun di forum ini Roy bersifat sangat terbuka pada fenomena blog dalam memandu penggemar fanatik blog, Wimar Witoelar dan Pengamat dan praktisi Blog Tempo, Budi Putra.

Metro TV e-lifestyle bersama Roy Suryo

Blog para tokoh mendapat higlight pertama, pemunculan blog2 Juwono Sudarsono, Blog mantan Jubir Presiden Wimar Witoelar ( yeaaaaaah! PO !), blog ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Blog Norodom Sihanouk, Blog CEO Sun Microsystem dan blog-blog lainnya. Berkembangnya blog secara pesat menjadi media komunikasi yang interaktif, semata didukung oleh mudahnya akses pengguna kepada fasilitas penyedia blog (seperti blogger, blogspirit, multiply dll), mudahnya penggunaan blog, bahkan oleh orang awam sekalipun (easy interface), dan adanya fasilitas kolom komentar pada setiap artikel, yang memungkinkan penulis blog berinteraksi langsung dengan pembaca setia blognya.

Perspektif.net menurut WW, berawal pada tahun 1996, ada saat media TVnya saat itu (Perspektif SCTV dibredel ). Mungkin dahulu istilahnya belum blog, dan apakah sekarang dapat disebut blog, Wimar serahkan pada pakar2 blog yang lebih memahami. Yang penting bagi Wimar, blog nya dapat merupakan forum untuk memuat beragam pikiran orang, demokratis namun tetap menjunjung tinggi etika.

Wimar Witoelar

Budi Putra, Content Manager Tempo Interaktif menambahkan, bedanya pemakaian istilah Blog dengan Website. Website lebih condong pada sebuah dokumentasi pustaka, sedangkan blog lebih menjurus pada forum sebuah percakapan. BLog merupakan kemajuan versi baru dari sebuah Web, karenanya sering disebut dengan istilah Web 2.0. Blog yang baik sangat memperhatikan pada kemasan konten/isi yang disajikan bagi pengunjungnya, konten yang berkarakter, sangat menarik para browser untuk kembali mengunjungi blog2 yang diminatinya. Blog tegas Budi sangat memperpendek jarak antara penulis blog dengan pengunjung blog, karena tersedianya fasilitas interaktif langsung, lewat fasilitas komentar.

Acara e-lifestyle yang hanya berdurasi 30 menit ini terasa sangat pendek, karena pembicaraan seputar blog terasa baru berkisar pada permukaan saja, apalagi mungkin bagi para pengguna blog yang menyaksikan acara itu. Ada dua penelpon yang mengajukan pertanyaan dalam acara ini, Bapak Jappi, mengajukan pertanyaan bagaimana agar blog tidak digunakan secara negatif atau diacak2, sedangkan Bpk. Johansah ingin mengetahui cara2 membuat blog yang menarik.

Budi Putra, Tempo

Menurut Budi Putra, jangankan blog sederhana, suatu website yang canggih sekalipun dapat saja diacak-acak. Namun selalu disediakan fasilitas pengaman dalam sebuah blog yang memungkinkan pengguna blog untuk mempunyai kontrol penuh terhadap isi blognya. Sebagai contoh, pada setiap komentar yang diberikan oleh pengunjung blog, dapat diadakan filter terdahulu, agar komentar2 yang tidak pantas tidak ikut dipublish pada blog. Bagaimana menjadikan blog menarik, selalu tergantung pada konten yang disajikan.

Wimar menambahkan, blog itu suatu forum yang demokratis, dan akan selalu ada sepanjang orang menganggap dia berguna dan menarik. Selama masih ada keinginan orang untuk berbicara dan keinginan yang lain untuk mendengarkan, makan akan selalu muncul media-media komunikasi interaktif seperti blog, yang dapat memfasilitasi kedua kebutuhan tersebut.

Blog adalah garda terdepan dari citizen journalism ucap Budi, dan yang paling penting, semua harus diawali dengan keinginan yang kuat terlebih dahulu untuk nge-blog sahut Budi sambil mengerlingkan mata dan senyumnya kepada pak Roy Suryo.

Roy Suryo

Update 23 Sep 18.50: catatan Erna Indriana

Bagi Wimar, blog adalah media yg mempertemukan pikiran orang-orang atau pasar pikiran. Apakah berguna? Ya, untuk orang yang have something to say. Otherwise, gak berguna. Selama masih ada keinginan orang bicara dan ada keinginan orang utk mendengar, maka blog akan bertahan. Ditanya apakah Wimar mulai dengan main-main dan baru serius belakangan, Wimar menjawab segala sesuatu baginya mulai dengan main-main. Begitu orang bilang berguna maka diteruskan, kalau tidak berguna cari mainan baru.

Boedi Poetra memberi analogi bagus bahwa website adalah pustaka, blog adalah dialog atau komunikasi. Walaupun Boedi ahli dalam aspek teknis blogging, tapi ia menekankan bahwa yang penting adalah content dan etika. Sangat sejalan dengan prinsip Perspektif Online!!

e-lifestyleUpdate 24 Sep 07:22: comment dari Pak Djandjan - produser E-Lifestyle Metro TV

kalau ketinggalan nonton yg live, nonton looping-nya aja SENIN 25 SEPTEMBER -  DINIHARI (pk 01:30 WIB)

anggap nonton bola atau siap-siap saur??

 

Update 25 Sep: Priyadi membuat transkrip lengkap. Thanks!

Print article only

71 Comments:

  1. From one of easy blogger:) on 22 September 2006 16:43:25 WIB
    asyiknya nge blog buat gw,
    kita bisa share apapun, hasil karya, pemikiran, maupun curahan hati melalui media online.
    blog bisa diliat dimasa akan datang, bisa di update ataupun di ralat. wah pokoke seru, coba deh, sekali coba blog pasti bikin demam hehehe..
  2. From Daisy on 22 September 2006 17:02:59 WIB
    Kalo katanya WW sih... kita ini hidup di "Y Generation"

    So having blog is a must... biar ngga jadul, keep connected dengan dunia, informasi, orang2, dsb.

    Makanya sekarang saya juga sedang belajar buat blog nih... hahaha :)
  3. From HW on 22 September 2006 17:28:05 WIB
    Wah..
    barusan dapet kabar dari Metro TV, bahwa Meutia Hafid harus ke Thailand, jadi moderator yang bertugas besok adalah Roy Suryo.

    karena gak percaya aku telpon lagi mastikan apa bener pak Roy Suryo moderatornya, Djan2 dari Metro TV mengiyakan.

  4. From Satya on 22 September 2006 17:37:44 WIB
    Kalo pemandunya Roy Suryo masih tetap ngomongin blog ga ya?
  5. From feha on 22 September 2006 17:40:31 WIB
    buat saya ngeblog itu yah buat tempat nyalurin segala sesuatu yang hanya menjadi daki ajah kalo dibiarin gak dikeluarin
  6. From Rani on 22 September 2006 18:00:05 WIB
    Nge blog asyik bo!!!
    Walaupun belum punya blog sih :)
    Tapi saya senang banget baca blog, apalagi baca blog CL & RN. Seru banget...
  7. From Ben on 22 September 2006 18:10:44 WIB
    68% gak yakin kalo Roy Suryo mau jadi pembawa acara bertopik BLOG... ha ha ha

    jangan lupa skrinsutnya kalo jadi.. bakal jadi peristiwa bersejarah tuh... ha ha ha
  8. From daysleeper on 22 September 2006 18:13:57 WIB
    buat gw ngeblog itu habbit baru, tapi bagus buat nyalurin rasa hati yang udah gak tertahankan karena dibelenggu kerjaan, perasaan, sama situasi.... karena disitu gw bisa bebas mau ngomong apa aja sesuka hati gw.... sekalian belajar jadi penulis bagus... siapa tahu ada yang yang ngelihat tulisan gw.... :)
  9. From new kid on the blog on 22 September 2006 18:18:32 WIB
    Dear Om Wimar yang baik dan lucu dan suka bete kalo dibilang "nambah gemuk ya.." :-)


    Buat saya
    ngeblog itu kerjaannya orang-orang yang egomaniak, kalo bukan megalomaniak, biar dianggap pinter, penuh perasaan ataupun sok pedulian...

    That's why I love to blog :-)

    But *seriously*,
    blog itu baik. Karena:
    - It gets you connected, inward and outward.
    - It helps you document your life. Jadi bisa cerita sama cucu nanti. Atau;
    - jadi bisa naro tulisan begini di nisan nanti:

    ---------------------------
    RIP: Blogger Mania
    http://www.bloggermania.com
    ----------------------------

    He...he.. :-)


    Salam hangat.
    -arief

    ps1: Kalo yang jadi moderator itu Om Roy Suryo, I'll bet it will be a funny show... mmm.... can't wait.

    ps2: fasilitas comment ini dibetulin dong, supaya kalo salah ngisi karakter gambar, tulisan panjang terilhami begini gak ilang....
  10. From Budi Putra on 22 September 2006 18:22:14 WIB
    Wah dapat bahan menarik juga nih dari comments yang ada di blognya mas Wimar. Boleh dikutip kan ya?

    Bagi saya pribadi, selalu menyenangkan menyimak alasan orang ngeblog: karena alasannya pasti beragam, khas, bisa saja sangat personal atau politis :-)

    Anyway, bisa kita diskusikan lagi deh -- tak peduli siapa moderatornya :-)
  11. From spirit of me on 22 September 2006 18:24:15 WIB
    Ngeblog? bikin hidup lebih berwarna, cobain deh!
  12. From Satya on 22 September 2006 18:27:22 WIB
    Jadi sedih liat komentar spirit of me, soalnya blognya tinggal spiritnya aja... kok bisa ya blog hilang begitu? :( ada orang nakal di warnet?
  13. From Didats on 22 September 2006 18:52:24 WIB
    aku? ngeblog?
    mmmhh... tadinya buat belajar aja. maksudnya,
    ya belajar nulis, belajar koding, sama belajar desain.

    eh, malah dapet hasilnya kebanyakan... hihihi

    OM WIMAR, KENAPA INI GAG DITANYAIN URL SIH? :D
  14. From Thomas on 22 September 2006 20:10:40 WIB
    Ahhh... semoga pembawa acaranya adalah memang yang biasanya. It will be a GREAT show. Please MetroTV, put him as the host, please...
  15. From idban secandri on 23 September 2006 13:44:13 WIB
    nulis yang orang anggap nggak penting itu menyenangkan, kadang kita sering ditroll sama orang2 yang intinya "gak penting ditulis" aneh juga kalo gak penting kenapa dibaca :)

    orang boleh bilang blog itu gak penting tapi menyampaikan informasi itu jauh lebih penting, terlebih akurat dengan tautan mendukung tulisan.

    *kapan metrotv bahas anime ya*
  16. From Satya on 23 September 2006 14:05:16 WIB
    ^ setuju sama idban. yg asik itu bukan melayani minat mayoritas, tapi justru bertemu dan nyambung dengan minoritas yang minatnya sama dg kita. reach our niche.

    jadi tulis aja apa yang kita suka. kalau "gak penting ditulis" atau "gak usah diomongin", ya sapa suruh baca? hehe..
  17. From desy on 23 September 2006 14:33:45 WIB
    lho kok roy suryo??? katanya meutya hafid???
  18. From maya on 23 September 2006 14:56:54 WIB
    aku lagi nonton nih..
  19. From boku_baka on 23 September 2006 14:58:04 WIB
    pesan terakhir dari mas Budi adalah "Mulailah Ngeblog!"

    si Roy merasa JLEB gak yah?
  20. From adinoto.org on 23 September 2006 15:03:49 WIB
    ini abis nonton acaranya ga sengaja, poolll banget wakakaka bung budi bilang "buat saya yang penting mulailah ngeblog" wakakak kok gayanya sambil nunjuk moderator mas wakakakkaka...

    wimar juga poolll... ehm ehmm ga ngomongin angka sakti datengnya darimana om? wakakaka... baru lusa lalu liat wimar kasih sambutan di acara peluncuran buku gusdur...poolll :D
  21. From Ben on 23 September 2006 15:12:49 WIB
    kok Om Wimar gak nanya ke pembawa acaranya: Kapan ngeblog? :)
  22. From endhoot on 23 September 2006 15:30:23 WIB
    manfaat ngeblog sih bisa dapet temen baru, asik loh...
  23. From sandynata on 23 September 2006 15:32:01 WIB
    yah ... si <a href="http://sandynata.wordpress.com/2006/09/23/roy-insyaf/">Oom nge-host!</a>
    masih nganggep blog = Tren Sesaat ??....
  24. From romadhoni on 23 September 2006 15:34:00 WIB
    Ngeblog adalah kebutuhan saya untuk menyalurkan uneg-uneg. Dan juga kebutuhan saya untuk bisa berdakwah lewat internet. Seperti di blog saya <a href='http://catataniman.blogspot.com'>catatan iman</a> dan juga <a href='http://exblopz.blogsome.com'>Iman adalah Perhiasan yang Indah bagi Manusia</a>.
  25. From kokoronotomo on 23 September 2006 15:43:21 WIB
    ngomongin weblog cm stengah jm (dipotong iklan pula..)ya ga cukup..apalg ada om wimar yg doyan ngomong..makin ga cukup lah..
  26. From Junkerz side A on 23 September 2006 16:45:09 WIB
    buat saya, blog jadi ajang dakwah...*halah*
    silakan berkunjung ke tausyiah275.blogsome.com *maaf, numpang nebeng* ;)
  27. From andhi on 23 September 2006 16:51:32 WIB
    wah... nggak ada kejadian yg aneh lagi
  28. From Eko dari India on 23 September 2006 18:16:44 WIB
    Ngeblog bagi saya adalah sesuatu yang baru, dan sebentar lagi akan menjadi sesuatu yang lama.
    Thanks
  29. From Satya on 23 September 2006 18:31:23 WIB
    haha lila bikin kata baru "ketidakfriendsteran" dan "ketidakprobloggeran"?

    tapi emang mas roy orang hardware aja ya atau ini emang show yang cenderung teknis, kok kaya kurang nangkep social web dan cenderung perhatiannya teknis dan format.

    padahal pak budi putra yang udah boleh ngomong paling teknis soal blog, masih menekankan content first.

    saya mengharapkan topik 'demam nge-blog' itu dilihat sebagai fenomena sosial, tahunya mungkin maksudnya karena pejabat mulai nge-blog jadi ada lahan bisnis baru utk para pedagang IT?
  30. From adiwenatb on 23 September 2006 18:55:31 WIB
    Wah... baru tau dari e-lifestyle kalo om wimar endut juga punya BLOG.

    Buat saya, yang juga baru2 aja ngeBLOG.... BLOG tuh bagaikan tempat ngeluarin isi kepala sampe tumpah jungkir balik.

    Btw.... maju terus BLOGGER indonesia.....
    Tungguin Desember ntar bakal ada seminar BLOG "Speak up With BLOG".

    www.adiwenatb.blogspot.com

  31. From fendi on 23 September 2006 19:22:05 WIB
    Bincang-bincang di Metro TV tadi sore itu asyik banget.. Tidak percuma dari siang nungguin depan TV :)
    Cuma sayang waktunya terlalu pendek dan penasaran lihat Om Suryo yang kelihatannya sudah jadi Blogger :)
  32. From Daisy on 23 September 2006 20:20:36 WIB
    Ceile... CL n EI cepet banget ngupdate-nya...

    Nah...ini nih salah satu kekuatan blog. Cepet banget nyebarin berita. Bisa berinteraksi dengan banyak orang. Bentuk publisitas dan jurnalistik modern nih.Dan PO sudah menjadi pelopornya (sejak tahun 1996 bok...) Dan saya mau mengikutinya.... menjadi kaum blogger juga :)

    Salut!!!!!!
  33. From wimar on 23 September 2006 23:34:03 WIB
    daisy, anda orang baru di dunia publisitas, jurnalistik dan blog tapi cepat sekali menangkap makna kekuatan blog ini. mudah-mudahan kecepatan tanggap daisy menyebar pada kawan-kawan dekat. kadang-kadang kita tidak tahu, betapa dekat kita pada kekuatan dahsyat yang bisa mengubah hidup kita.
    dan kita sering tidak tahu, bahwa mengikuti suatu sarana pengubah hidup tidak memerlukan kehebatan pada diri kita, kecuali keterbukaan menyadari perkembangan baru.

    Salut Daisy!!!

    p.s. memang luarbiasa, respons komentar disini melebihi semua rekor yang lalu
  34. From lipstick on 23 September 2006 23:53:09 WIB
    Aduh saya ketinggalan nonton acara itu di metro tv..... Padahal baru mau mulai bikin blog....
    Ketinggalan jaman ya gue....
  35. From wimar on 24 September 2006 00:02:15 WIB
    wah sori ... kalau soal rekor, ini masih kalah dari posting mengenai "68% yang baca ini kurang kerjaan" .. tapi siapa tahu, bisa kesusul
  36. From Priyadi on 24 September 2006 02:02:03 WIB
    HWADUH!!! ada acara bersejarah ketua gerakan non-blog jadi host acara yang ngomongin blog kok saya gak tau ya :( kalo ada rekamannya mau donk :)
  37. From djan2 on 24 September 2006 05:31:11 WIB
    kalau ketinggalan nonton yg live, nonton looping-nya aja SENIN DINIHARI (pk 01:30 WIB)

    ----From lipstick on 23 September 2006 23:53:09 WIB
    Aduh saya ketinggalan nonton acara itu di metro tv..... Padahal baru mau mulai bikin blog....
    Ketinggalan jaman ya gue....
  38. From enda on 24 September 2006 12:54:52 WIB
    Selamat om wimar dan mas budi, sudah saatnya ada talkshow khusus tentang apa yg sedang terjadi di dunia blog hehe.

    Kita dah kelamaan ngomong soal format dan berjuang supaya formatnya diterima. Kayaknya itu udah harus dilewati dan mulai menuju ke apa yg bisa kita lakukan dengan blog. :)
  39. From ilham chandra on 24 September 2006 14:24:43 WIB
    Waktu nonton iklannya saya berharap yang
    hadir salah satunya adalah bang ENDA NASUTION, soalnya beliau adalah PRESIDEN BLOG INDONESIA, pasti seru kalo ketemu sama ROY SURYO...he... he... gara-gara mereka berdua, orang baik-baik seperti saya terjerumus ke dunia blog~hiks

    http://reremahan.hati.blogspot.com
  40. From Chandra on 24 September 2006 15:40:25 WIB
    Wah aku juga kelewatan itu...usul buat Metro TV masukin aja di You Tube biar kita bisa lihat.
  41. From Rizky on 24 September 2006 16:43:15 WIB
    gue ngga sempet nonton nih. kok pendapat roy ngga ditulis sih disini? penasaran jadinya...

    - http://blog.kometdigital.web.id/
  42. From anton on 24 September 2006 17:13:34 WIB
    Awalnya saya gak "ngeh" soal Blog-blogan,baru ketika ketemu dan kenal dengan Pak Wimar trus dikasih kartu namanya,saya mulai coba2 "melek" internet (biarpun belum melek lebar hehehe),yang pertama saya kunjungi adalah Perspektif on line,eh ternyata mengasikan,disitu kita bisa dapat banyak informasi dan bisa berinteraksi langsung dengan Pak Wimar,sampe sekarang jadi keterusan hingga nyoba buka blog-blog yang lain hehe,sayang kemarin saya ketinggalan acara Pak Wimar di Metro TV,untungnya ada siaran ulang yang tidak boleh terlewatkan lagi nanti senin dini hari jam 01.30,so yang belum mulai ngeblog mulailah dari sekarang,karena tidak ada kata telat untuk mulai ngeblog. selamat berblog-blogan ria hehehe
  43. From dr.boy on 25 September 2006 10:02:44 WIB
    om Wimar, om Wimar hebat deh, blognya yahut dan paling canggih, ajarin bikin blog om, hehehehehhehe, salam kenal ya om, saya dr Boy, dari solo. mau usul juga nih, di negara kita ini belum ada perkumpulan bloggers indonesia seperti paguyuban karl may gitu loh, boy mau usul nih Om Wimar membidani The Indonesian Bloggers Community, wadah kaum bloggers yang peduli dan cinta Tanah Air Indonesia, biar canggih gitu om, kayak di luar negeri, heheheheheh,kita bisa menyatukan visi misi tujuan dari para Bloggers Indonesia untuk membangun dan memajukan Indonesia, Bravo om Wimar, The Godfather of Indonesian Bloggers
  44. From Alnesputra on 25 September 2006 10:44:06 WIB
    Quote dari Rebecca Blood kayaknya pas banget dengan topik ini:


    Your weblog is your playground. Keep it fun for yourself. Pretend that your audience thinks you are the most fascinating person alive, and use whatever tools you have to let them know exactly what you think about current foreign policy, your favorite brand of tofu, or your new haircut.


    ps: cuma di blog doang kita bisa dibilang mirip sama selebritis tertentu (atau at bisa least maksa yang punya blog supaya nulis kalau kita mirip ?) hehe !
  45. From sa on 25 September 2006 15:30:10 WIB
    menarik sekali, om.
    klo ada rekamannya, saya ga nolak klo dikirimken.. hehe..
    maklum, anak jauh. :D

    sketsahati.com
  46. From Naif Al-as on 25 September 2006 15:31:07 WIB
    Kok, si priyadi kagak dijadiin nara sumber juga yaah ? ;))

    apa RS takut diserang gitu :p huhuehuehe.
    Hidup blogger indo laah...
    http://delrozo.blogspot.com .. mampir yee :p

    sorry oom wimar kalo numpang promo dimari :D
  47. From andrias ekoyuono on 25 September 2006 16:16:41 WIB
    Seru juga nih, apalagi ada sang pakar :-) Semoga sang pakar segera mendapat pencerahan tentang blog

    btw,om Wimar, kok gak dikasih kolom untuk ngisi alamat blog kita di kolom komentar ya ?

    http://aboutandri.blogspot.com
  48. From fian on 25 September 2006 16:49:51 WIB
    Mulailah NGEBLOG!!!

    salam blogger dari Semarang
    http://fiandigital.wordpress.com
  49. From Doni andrian on 25 September 2006 16:53:20 WIB
    wah om wimar asik juga ternyata, blogger om sangat lucu gimana sih om bisa buat begini, oh iya melihat comment untuk membuat komunitas blogger boleh juga tuh,,, kan bagus biar bisa tuker piiran dan belajar ...salah satunya minta diajarin om wimar buat template blogger...heee

    http://www.d0ni.blogspot.com
  50. From onlysenja.ngeblog.net on 25 September 2006 16:53:43 WIB
    ngeblog itu asyik bgt, karena bisa untuk ngimbangin perkembangan media popular saat ini. di blog kita bisa nemuin aneka informasi secara bebas tanpa edit dari penguasa media. blog juga bisa nyatuin orang-orang yang nggak kenal atau nggak penah ketemu sekalipun kedalam satu komunitas yang jalinannya bahkan bia lebih kuat dari komunitas "nyata" sekalipun...hidup blog!
  51. From franslus on 25 September 2006 17:04:08 WIB
    saya nonton tapi tinggal buntutnya om... ada siaran tunda kedua ngga ya?

    http://franslus.blogspot.com
  52. From maknyak on 25 September 2006 21:24:46 WIB
    wah, yg menarik di sini adalah host nya. Dari dulu sebenernya saya pingin melihat Roy Suryo dan blogger duduk satu meja membicarakan blog. jadi biar jelas gitu lho. sapa tahu kan cuman beda cara pengungkapannya saja tetapi sebenernya sama2 sepakat dan cinta blog hehe.
    Om, mau dong klo ada transcript nya ... atau rekama acaranya

    salam

    http://serambirumahkita.blogspot.com

    http://tulisansadja.blogspot.com
  53. From Deni Triwardana on 26 September 2006 07:43:40 WIB
    Saya sih dapat mengaktualkan diri dengan nge-Blog, Bagaimana Anda ?
  54. From Dwi Gunadi on 26 September 2006 09:45:46 WIB
    yang pasti nge-blog tidak membuat goblog... :)
  55. From Andre on 26 September 2006 10:55:46 WIB
    Bung Wilmar..
    I think..sudah saatnya u kembali Jalur TALK SHOW di Televisi..With your briliant Idea..you can buat things moving.. Blogg is good but no so many people will read blogg. Coba kalo bung di Wamena atau di Lhokseumawe?? how can the people there know about your briliant idea etc....???
    So.........get back to LIVE SHOW!!!
  56. From Bunyamin Najmi on 26 September 2006 12:21:21 WIB
    Nggak sempat nonton live dan siaran ulangnya...

    Ada siaran ulang lagi nggak, oom?
  57. From sandynata on 26 September 2006 12:42:46 WIB
    #dr.boy
    udah ada tuh, salah satunya www.blogfam.com


    http://sandynata.wordpress.com
  58. From katakbersalin.wordpress.com on 27 September 2006 13:12:57 WIB
    Let's blogging !

    http//katakbersalin.wordpress.com
  59. From hawe on 27 September 2006 16:29:58 WIB
    Pak Dokter, tolong..

    Imxer kena demam blog...:)
    susah dihentikan neh

  60. From Triyatni on 28 September 2006 21:35:18 WIB
    Tadinya bikin blog sembunyi-sembunyi, cuma buat teman tertentu. Alasannya malu ketahuan kalau menulis yang aneh-aneh. Jadi memang semangat mengupdate saat lagi memble.
    Gilanya sekarang banyak website yang pengunjungnya kurang bikin formasi alternatif ke blog.
    Kalau perspektif bikin blog, pembicaraan bin diskusi mungkin ramai lagi ya..???

  61. From wimar on 28 September 2006 22:15:46 WIB
    triyatni, menurut para ahli perspektif online ini memang sudah blog, makanya masuk 10 blog pilihan majalh tempo dan ikut meramaikan diskusi mengenai blog di metro tv. budi putra tidak memegang syarat teknis kaku membedakan blog dari website biasa, tapi terutama sifat interaktif, terbuka, dapat diikuti rss-nya, dan mampu menjalankan fungsi Web2.0 sebagai alat social networking. saya juga heran mengapa kawan-kawan dari milis perspektif belum menjumpai kita di blog ini, kan jauh lebih praktis dan meriah.
  62. From Abdillah, S.Pd. on 01 October 2006 18:07:24 WIB
    Gara-gara Bung Wilmar anne jadi ikutan Ngeblog deh, nih alamat blog anne www.abdillahpls.multiply.com
  63. From xta on 17 October 2006 00:32:42 WIB
    blogging is doing my unfinished novel :)
    thanks for the spirit bos ww,,,
  64. From sujud on 24 December 2006 13:46:30 WIB
    Blog memang efektif. Betul, Blog ada selagi ada kebutuhan untuk dialog. Blog ini pun ada untuk untuk mendekatkan diri pada publik, juga sebaliknya publik ke seseorang. Intinya, agar saling kenal.
    Bila anda suka seni, dan kajian budaya mampir ke http://sudjuddartanto.blogspot.com
  65. From Bobby Denil Lesmana on 01 April 2007 12:09:28 WIB
    wah... aku baru melek soal blog tapi bagi teman-teman yang berminat sharing dengan ku aku ucapkan terimakasih
  66. From gusriwandi on 01 April 2007 13:52:33 WIB
    blog.... aku baru kenal istilah ini (sebenarnya udah lama juga ) tapi baru sekarang aku coba
  67. From Irwantra on 04 April 2007 19:25:34 WIB
    Pak Wilmar, semoga sehat selalu yach biar persepektifnya semakin maju dan berkembang, dan info segar buat kitapun terus mengalir;)
  68. From agus on 26 April 2007 09:32:17 WIB
    saking kuatnya watak blog sebagai media yang humanis dan populis, saya jadi mengajarkan blog pada murid-murid saya dan mewajibkan mereka memiliki blog dan aktif ngeblog. Saya menilai pekerjaan mereka dengan terus memantau blog mereka saja via internet. Praktis khan?
    eh, tapi ngomong-ngomong deman blog kayaknya udah menurun panasnya ya? Wah, ketinggalan jaman saya. Tapi keuntungan yang saya petik adalah bisa melihat isi hati dan kepala murid-murid saya yang cenderung jujur menulis di blog.
    hm... kejujuran dan ketulusan sekarang jadi benda antik...
  69. From Siba Sekia on 31 March 2008 16:14:31 WIB
    Hi Roy, blog nya update dong!
  70. From linda on 04 February 2010 14:38:11 WIB
    berarti di depan komputer mulu dong...he..he..
  71. From tips masakan on 29 September 2010 16:35:31 WIB
    Blog bagi saya sangat bermanfaat untuk promosi dan bisnis mau tau bisnis paling dhsyat di http://tvlive-streaming.blogspot.com/

« Home