Articles

Tutur Witoelar: Perspektif Wimar Kembali ke Layar Kaca

area
19 March 2008

Setelah lama menghilang, Wimar Witoelar akan kembali hadir di layar kaca. Memberikan perspektif baru, tidak hanya seputar isu terkini, tayangan ini juga memberi suguhan berbeda menonton televisi. Simak ceritanya seputar acara barunya kepada Bayu Maitra dan Tizar Patria berikut ini.

Perspektif Wimar di area

Bagaimana perasaan Anda tampil di televisi lagi setelah sekian lama absen?

Saya sangat berterima kasih pada banyak pihak. Soalnya, mereka yang membuat saya muncul. Dari dulu, pemunculan saya di TV terjadi atas permintaan orang. Bukannya sombong. Tapi, dalam show business, saya ingin meng-entertain orang tanpa menjadikannya pekerjaan sehari-hari. Saya pikir, jika atas permintaan orang, itu sudah menjadi start yang baik. Dan, saya senang permintaan ini datang dari Star TV, yang sekarang memimpin manajemen ANTV.

Direksi Star TV sangat memegang kaidah ‘branding is everything’. Menurut mereka, saya mempunyai konsistensi. Jadi, Perspektif selalu tampil dengan memegang brand tertentu, konsisten, dan berbeda. Intinya, saya hanya dituntut menjaga ciri khas. Konsepnya, membahas setiap masalah dengan sudut pandang yang jelas. Menyenangkan sebab kehadiran saya diterima karena keyakinan mereka pada produk saya. Saya, kan, sudah sering dibredel, tetapi masih muncul dengan ciri khas kental. Untuk yang belum tahu ciri khas saya, bisa melihatnya di show terbaru ini.

Apa konsep acaranya?

Dasarnya, memenuhi keingintahuan orang terhadap kejadian sekitar. Bagi orang yang sibuk dan tidak sempat browsing mencari berita, kami berusaha mengintisarikannya dalam bentuk yang gampang dicerna dan tidak mengancam selama setengah jam.

Bagian pertama berisi monolog yang saya sampaikan tanpa skrip, seperti dalam acara Jay Leno. Kemudian, ada 5 Thing That Matter Most to Wimar Witoelar yang dikomentari co-host—sekarang sedang dalam proses audisi. Contohnya, membahasa tentang Obama yang kalah di negara bagian X. Selain itu, setiap hari nanti juga akan ada tamu dari berbagai kalangan, dari selebriti hingga politisi.

Tidak seperti acara gosip, angle-nya diubah menjadi agak serius. Jadi, intinya kami menyampaikan bahwa hidup itu fun. Tapi, fun dengan cara agak serius. We are talking about nothing because there’s a lot of things that seem like nothing. Di acara ini, kami mencoba menerapkan konsep seni berkomunikasi atau the art of conversation.

Bisa disimpulkan bahwa bentuk acaranya akan sangat berbeda dari Perspektif Wimar terdahulu yang terkesan ‘galak’ dan ‘tajam’ yang akhirnya dibredel itu?

Perception is reality. Kesan yang didapat dari suatu acara itu tergantung penontonnya. Itu implikasinya. Ada yang memandang tajam, tapi ada juga yang menganggap melelahkan. Implikasi memang tidak dapat dipisahkan dari sebuah acara, tapi kalo sedikit ‘kick’ kanan-kiri, itu tetap menjadi ciri khas yang nggak bisa ditinggalkan.

Bagaimana ceritanya radio bisa terlibat dalam acara yang akan ditayangkan on air setiap hari ini?

Idenya dari orang-orang Star TV. Bukan menyiarkan langsung, tetapi topik bahasan dalam show juga dijadikan materi siaran radio. Acara TV-nya sendiri disiarkan langsung setiap hari pukul 06.00—06.30 dengan tagline “Don’t leave home without it”. Formatnya, ulasan berita dengan gaya yang santai.

Kapan akan mulai tayang?

 Mulai 24 Maret. Namun, kami sudah mulai promo sejak 16 Maret.

Ada alasan kenapa pembaca area harus menonton acara ini?

Karena kami menampilkan kehidupan apa adanya. Sangat area.

Print article only

7 Comments:

  1. From janeman on 24 March 2008 18:42:40 WIB
    Really, saya suka sekali wawancara ini....!
  2. From a.karim siagian on 03 April 2008 12:46:16 WIB
    biar agak telat,.. aku cuma mau ngucapin selamat nongolo lagi buat bang wimar.. kalo dulu itu aku pake baju hotmail sekarang udah ganti plasa. cuma mau ngasi komentar kalo bisa ditambah waktu nongol di anteve dong, jangan berita topik paginya yg dikorbankan itu kan penting juga.. cocok bang wimar... salam dari medan doelkar.
  3. From tom aries on 04 April 2008 01:46:14 WIB
    hmmm. bencana baru apa lagi yang akan dipecahkan sahabat lama aku ini ya...

    atau bencana lama akan kembali diulangi lagi?/
    ok deh! selama rambut belum bisa disisir, selama itu pula perjuangan harus terus dijalankan.

    kalau ada 100 orang kayak bung wimar di Indonesia ini... ya kalau saja bisa lahir wimar-wimar muda yang tetap setia dalam perjuangannya...

    jangan terikat dengan advertise yang bung....
    he.hee selamat untuk kesetian bung dalam dunia perspektif di Indonesia..
  4. From a.karim siagian on 04 April 2008 10:23:21 WIB
    pagi tadi perspektif nya bagus, tapi sayang wawancaranya agak putus2 setiap bang wimar agak menghujat pak harto tampaknya di sensor oleh produser acara, itu bang wimar tau gak,... salahnya bang wimar sih,.. terlalu benci dgn pak harto, makanya tadi pagi itu wawancaranya agak disensor, wajar sih.. orang sudah mati jgn dijelek2kan ini masalah etika lho bang wimar. menurut aku tadi pagi itu dialognya bagus, bang yudi yg anggota DPR dari golkar aku nilai sdh oke.mestinya para legislatif itu demikianlah adanya. salut buat bang yudi.
  5. From MAHMUD on 08 April 2008 12:23:24 WIB
    1. BANG ASYIK BANGET NGIKUTIN ACARANYA, TAPI KAYAKNYA CO HOSTNYA KURANG "GEREGET", GIMANA KLO CO HOSTNYA TAMBAH COWOK.
    2. BANG KLO BOLEH MATERINYA TENTANG SERTIFIKASI GURU YANG LAGI HOT, MASALAHNYA SEKARANG MENJAMUR SEMINAR YANG KAYAKNYA KURANG GEREGET JUGA.
    3. KARNA SAYA KERJA BOLEH DONG TAYANGIN USULAN MATERI TADI DI TAYANGIN JUM'AT 11 APRIL 2008.
    4. MAKASIH BANG, MOGA SUKSES MENYERTAI ABANG SELAMANYA....................AMIN
  6. From a.karim siagian on 11 April 2008 10:27:09 WIB
    hallouuuu bang WW mo nanya nih, gimana tanggapan bang wimar setelah lihat kelakuan bejatnya politisi PPP tsb dan kaitannya dengan lagu slank UUD.
    coba kita lihat senin pagiiiiii pagiiiiii di tevenya pak mentri.
    awas lo... jawabannya mesti enak, nyelekit, menggigit, dan jangan pelit. (cocok bang wimar)
    woi..mari sama2 kita nikmati, buka mata hanya ada di anteve bila perlu bang wimar undang lagi tuh, anggota dewan yg lain yg vokal, kayak bang yuddy gitchu loh.
    wassalam, wong medan bukan edan lho...
  7. From Mustika Sekartaji on 29 June 2008 11:15:38 WIB
    Seneng bangeettt begitu tau acara kesukaanku PERSPEKTIF WIMAR WITOELAR tayang lagi....aku selalu bangun pagi2 untuk ikutin acara ini takut ketinggalan berita2nya yang selalu siiippp....bayangkan kl diIndonesia ini ada banyak wimar2 yang lain...pasti gak ada kebobrokan2 bangsa...gak ada korupsi....Kenapa ya? pejabat2 itu gak tau malu banget..Rakus...Tega banget makan hak2 rakyat...gak kasian ama rakyat yg lemah miskin...dan kelaparan...tolong bang wimar...sentil tuh ...hatinya para KORUPTOR...biar tersentuh dikitttt aja...

    makasih...

« Home